Agustus 21, 2007

Sisi Buruk Interpretasi

Posted in Tulisan AntiFFI pada 9:02 pm oleh antifaithfreedom


Assalamualaikum Wr Wb

Apa itu Interpretasi, sederhananya penafsiran. Mari kita telaah secara sederhana tentang Interpretasi suatu teks. Mengapa hal ini penting dan perlu dibahas? Karena sebelum kami menanggapi tulisan-tulisan tertentu, maka perlu dijelaskan terlebih dahulu pendapat kami tentang Interpretasi

Interpretasi atau penafsiran terhadap suatu teks merupakan pemahaman manusia terhadap teks tersebut yang memiliki muatan objektivitas dan subjektivitas. Kedua hal ini jelas berpengaruh secara krusial terhadap interpretasi.

Apa sisi objektif Interpretasi

  1. Teks itu sendiri, atau huruf-huruf yang menjadi kata, kata-kata berasosiasi menjadi kalimat. Kalimat sebagai lambang muatan ide atau sesuatu yang akan dipahami
  2. Kaidah Berpikir Logis, Berpikir logis adalah berpikir dengan aturan, aturan-aturan yang perlu digunakan untuk mencapai suatu premis yang benar dan dapat diyakini.
  3. Metode, memahami sesuatu membutuhkan pendekatan yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memahami. Pendekatan ini kami sebut metode, sedapat mungkin metode adalah pendekatan terbaik untuk memahami teks sesuai dengan apa yang ingin disampaikan Sang Penulis Teks.

Kemudian apa pula sisi subjektif Interpretasi

  1. Persepsi manusia terhadap ketiga hal objektif yang sudah kami sebutkan di atas, persepsi disini bukanlah interpretasi itu sendiri. Yang kami maksud persepsi itu adalah persepsi terhadap kedudukan ketiga hal objektif diatas. Tentang teks misalnya seseorang bisa salah membaca atau membaca terjemahan teks(dalam bahasa yang berbeda) yang salah. Tentang berpikir logis, kami temukan ternyata banyak manusia yang berkata kepada orang lain “berpikirlah dengan logis” adalah orang yang pikirannya sendiri penuh dengan Fallacy. Terlebih lagi soal metode, lagi-lagi kami temukan banyak yang berkata seolah-olah mereka bermetode padahal mereka hanya bisa membeo dan mengcopy paste pikiran orang lain.
  2. Perasaan manusia terhadap suatu teks atau yang berkaitan dengan teks tersebut. Sederhananya bayangkan anda menerima surat, satu dari istri anda yang ada di luar kota(zaman sekarang rasanya tidak perlu pakai surat) dan satunya lagi dari teman wanita anda yang tidak begitu anda kenal. Kedua surat itu ternyata terdapat kata-kata “Sayang, Saya Cinta Padamu”. Teks yang sama ternyata diinterpretasi berbeda oleh Anda, yang satu anda pahami sebagai kata yang menyanjung dan membahagiakan hati anda(karena itu istri anda) sedangkan yang satunya dipahami sebagai kata yang meresahkan atau terkutuk(anda takut dengan istri anda rupanya). Kenapa bisa berbeda? karena perasaan anda terhadap kedua teks itu berbeda walaupun teksnya sama.

Bagaimana Interpretasi menjadi buruk?

Jawabannya ada pada sisi subjektivitas manusia yaitu dua hal yang sudah kami sebutkan sedangkan sisi objektivitasnya tidak pernah bersifat buruk. Apakah karenanya maka kita harus menghapus dua hal tersebut dari interpretasi? jelas tidak mungkin karena kedua hal itu mutlak diperlukan. Hanya saja kedua hal tersebut persepsi dan perasaan memiliki potensi yang positif dan potensi yang negatif. Sisi buruk interpretasi hanya timbul dari sesuatu yang bersifat negatif.

Kesimpulannya

Sisi buruk Interpretasi ada pada persepsi dan perasaan negatif manusia yang memahami teks tersebut.

Bagaimana mengatasinya?

Alternatif satu-satunya adalah dengan Introspeksi secara kontinu, berusaha agar selalu berpegang pada sisi objektivitas dan menggunakan persepsi dan perasaan yang tidak negatif.

Wassalam

Note; Tulisan ini ditulis oleh saudara Husain yang mewakili teman-temannya

Iklan

3 Komentar »

  1. noname said,

    yah metode yang enak dibaca tetapi belum tentu nak dilakukan\
    anda dapat menulis seperti ini, mungkin anda dapat contohkan di lain waktu……

  2. Arief said,

    hanya kesadaran yang dibutuhkan umat manusia skarang ini .

  3. Jalan Terang said,

    ya terutama para domba yg sok tahu sastra kitab orang dan sejarahnya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: