Februari 16, 2010

Umur Aisyah yang “Sebenarnya” saat menikah dengan Rasulullah

Ditulis dalam Tulisan AntiFFI pada 7:14 am oleh antifaithfreedom


Umur Aisyah saat menikah dengan Rasulullah saw

Terjemahan artikel bahasa Inggris, dari : The Ancient Myth Exposed By T.O. Shanavas , di Michigan. © 2001 Minaret from The Minaret Source: http://www.iiie.net/

Seorang teman kristen suatu kali bertanya ke saya, ” Akankah anda menikahkan saudara perempuanmu yang berumur 7 tahun dengan seorang tua berumur 50 tahun?” Saya terdiam. Dia melanjutkan,” Jika anda tidak akan melakukannya, bagaimana bisa anda menyetujui pernikahan gadis polos berumur 7 tahun, Aisyah, dengan Nabi anda?” Saya katakan padanya,” Saya tidak punya jawaban untuk pertanyaan anda pada saat ini.” Teman saya tersenyum dan meninggalkan saya dengan guncangan dalam batin saya akan agama saya. Kebanyakan muslim menjawab bahwa pernikahan seperti itu diterima masyarakat pada saat itu. Jika tidak, Orang-orang akan merasa keberatan dengan pernikahan Nabi saw dengan Aisyah. Bagaimanapun, penjelasan seperti ini akan mudah menipu bagi orang-orang yang naif dalam mempercayainya. Tetapi, saya tidak cukup puas dengan penjelasan seperti itu. Nabi merupakan manusia tauladan, Semua tindakannya paling patut dicontoh sehingga kita, Muslim dapat meneladaninya. Bagaimanapun, kebanyakan orang di Islamic Center of Toledo, termasuk saya, Tidak akan berpikir untuk menunangkan saudara perempuan kita yang berumur 7 tahun dengan seorang laki-laki berumur 50 tahun. Jika orang tua setuju dengan pernikahan seperti itu, kebanyakan orang, walaupun tidak semuanya, akan memandang rendah thd orang tua dan suami tua tersebut. Tahun 1923, pencatat pernikahan di Mesir diberi intruksi untuk menolak pendaftaran dan menolak mengeluarkan surat nikah bagi calon suami berumur dibawah 18 tahun , dan calon isteri dibawah 16 tahun. Tahun 1931, Sidang dalam oraganisasi-oraganisi hukum dan syariah menetapkan untuk tidak merespon pernikahan bagi pasangan dengan umur diatas (Women in Muslim Family Law, John Esposito, 1982). Ini memperlihatkan bahwa walaupun di negara Mesir yang mayoritas Muslim pernikahan usia anak-anak adalah tidak dapat diterima. Jadi, Saya percaya, tanpa bukti yang solidpun selain perhormatan saya thd Nabi, bahwa cerita pernikahan gadis brumur 7 tahun dengan Nabi berumur 50 tahun adalah mitos semata. Bagaimanapun perjalanan panjang saya dalam menyelelidiki kebenaran atas hal ini membuktikan intuisi saya benar adanya. Nabi memang seorang yang gentleman. Dan dia tidak menikahi gadis polos berumur 7 atau 9 tahun. Umur Aisyah telah dicatat secara salah dalam literatur hadist. Lebih jauh, Saya pikir bahwa cerita yang menyebutkan hal ini sangatlah tidak bisa dipercaya. Beberapa hadist (tradisi Nabi) yang menceritakan mengenai umur Aisyah pada saat pernikahannya dengan Nabi, hadist-hadist tsb sangat bermasalah. Saya akan menyajikan beberapa bukti melawan khayalan yang diceritakan Hisyanm ibnu `Urwah dan untuk membersihkan nama Nabi dari sebutan seorang tua yang tidak bertanggung jawab yang menikahi gadis polos berumur 7 tahun.

BUKTI #1: PENGUJIAN THD SUMBER Sebagaian besar riwayat yang menceritakan hal ini yang tercetak di hadist yang semuanya diriwayatkan hanya oleh Hisham ibn `Urwah, yang mencatat atas otoritas dari Bapaknya,Yang mana seharusnya minimal 2 atau 3 orang harus mencatat hadist serupa juga. Adalah aneh bahwa tak ada seorangpun yang di Medinah, dimana Hisham ibn `Urwah tinggal, sampai usia 71 tahun baru menceritakan hal ini, disamping kenyataan adanya banyak murid-murid di Medinah termasuk yang kesohor Malik ibn Anas, tidak menceritakan hal ini. Asal dari riwayat ini adalah dari orang-orang Iraq, dimana Hisham tinggal disana dan pindah dari Medinah ke Iraq pada usia tua. Tehzibu’l-Tehzib, salah satu buku yang cukup terkenal yang berisi catatan para periwayat hadist, menurut Yaqub ibn Shaibah mencatat : ” Hisham sangat bisa dipercaya, riwayatnya dapat diterima, kecuali apa-apa yang dia ceritakan setelah pindah ke Iraq ” (Tehzi’bu’l-tehzi’b, Ibn Hajar Al- `asqala’ni, Dar Ihya al-turath al-Islami, 15th century. Vol 11, p.50). Dalam pernyataan lebih lanjut bahwa Malik ibn Anas menolak riwayat Hisham yang dicatat dari orang-orang Iraq: ” Saya pernah dikasih tahu bahwa Malik menolak riwayat Hisham yang dicatat dari orang-orang Iraq” (Tehzi’b u’l-tehzi’b, IbnHajar Al- `asqala’ni, Dar Ihya al-turath al-Islami, Vol.11, p. 50). Mizanu’l-ai`tidal, buku lain yang berisi uraian riwayat hidup pada periwayat hadist Nabi saw mencatat: “Ketika masa tua, ingatan Hisham mengalami kemunduran yang mencolok” (Mizanu’l-ai`tidal, Al-Zahbi, Al-Maktabatu’l-athriyyah, Sheikhupura, Pakistan, Vol. 4, p. 301).

KESIMPULAN: berdasarkan referensi ini, Ingatan Hisham sangatlah jelek dan riwayatnya setelah pindha ke Iraq sangat tidak bisa dipercaya, sehingga riwayatnya mengenai umur pernikahan Aisyah adalah tidak kredibel. KRONOLOGI: Adalah vital untuk mencatat dan mengingat tanggal penting dalam sejarah Islam: pra-610 M: Jahiliya (pra-Islamic era) sebelum turun wahyu 610 M: turun wahyu pertama AbuBakr menerima Islam 613 M: Nabi Muhammad mulai mengajar ke Masyarakat 615 M: Hijrah ke Abyssinia. 616 M: Umar bin al Khattab menerima Islam. 620 M: dikatakan Nabi meminang Aisyah 622 M: Hijrah ke Yathrib, kemudian dinamai Medina 623/624 M: dikatakan Nabi saw berumah tangga dengan Aisyah

BUKTI #2: MEMINANG Menurut Tabari (juga menurut Hisham ibn `Urwah, Ibn Hunbal and Ibn Sad), Aisyah dipinang pada usia 7 tahun dan mulai berumah tangga pada usia 9 tahun. Tetapi, di bagian lain, Al-Tabari mengatakan: “Semua anak Abu Bakr (4 orang) dilahirkan pada masa jahiliyah dari 2 isterinya ” (Tarikhu’l-umam wa’l-mamlu’k, Al-Tabari (died 922), Vol. 4,p. 50, Arabic, Dara’l-fikr, Beirut, 1979). Jika Aisyah dipinang 620M (Aisyah umur 7 tahun) dan berumah tangga tahun 623/624 M (usia 9 tahun), ini mengindikasikan bahwa Aisyah dilahirkan pada 613 M. Sehingga berdasarkan tulisan Al- Tabari, Aisyah seharusnya dilahirkan pada 613M, Yaitu 3 tahun sesudah masa jahiliyah usai (610 M). Tabari juga menyatakan bahwa Aisyah dilahirkan pada saat jahiliyah. Jika Aisyah dilahirkan pada era Jahiliyah, seharusnya minimal Aisyah berumur 14 tahun ketika dinikah. Tetapi intinya Tabari mengalami kontradiksi dalam periwayatannya.

KESIMPULAN: Al-Tabari tak reliable mengenai umur Aisyah ketika menikah.

BUKTI # 3: Umur Aisyah jika dihubungkan dengan umur Fatimah Menurut Ibn Hajar, “Fatima dilahirkan ketika Ka`bah dibangun kembali, ketika Nabi saw berusia 35 tahun… Fatimah 5 tahun lebih tua dari Aisyah ” (Al-isabah fi tamyizi’l-sahabah, Ibn Hajar al-Asqalani, Vol. 4, p. 377, Maktabatu’l-Riyadh al-haditha, al-Riyadh,1978). Jika Statement Ibn Hajar adalah factual, berarti Aisyah dilahirkan ketika Nabi berusia 40 tahun. Jika Aisyah dinikahi Nabi pada saat usia Nabi 52 tahun, maka usia Aisyah ketika menikah adalah 12 tahun.

KESIMPULAN: Ibn Hajar, Tabari, Ibn Hisham, dan Ibn Humbal kontradiksi satu sama lain. Tetapi tampak nyata bahwa riwayat Aisyah menikah usia 7 tahun adalah mitos tak berdasar. BUKTI #4: Umur Aisyah dihitung dari umur Asma’ Menurut Abda’l-Rahman ibn abi zanna’d: “Asma lebih tua 10 tahun dibanding Aisyah (Siyar A`la’ma’l-nubala’, Al-Zahabi, Vol. 2, p. 289, Arabic, Mu’assasatu’l-risalah, Beirut, 1992). Menurut Ibn Kathir: “Asma lebih tua 10 tahun dari adiknya [Aisyah]” (Al-Bidayah wa’l-nihayah, Ibn Kathir, Vol. 8, p. 371,Dar al-fikr al-`arabi, Al-jizah, 1933). Menurut Ibn Kathir: “Asma melihat pembunuhan anaknya pada tahun 73 H, dan 5 hari kemudian Asma meninggal. Menurut iwayat lainya, dia meninggal 10 atau 20 hari kemudian, atau bebrapa hari lebih dari 20 hari, atau 100 hari kemudian. Riwayat yang paling kuat adalah 100 hari kemudian. Pada waktu Asma Meninggal, dia berusia 100 tahun” (Al-Bidayah wa’l-nihayah, Ibn Kathir, Vol. 8, p. 372, Dar al-fikr al-`arabi, Al- jizah, 1933) Menurut Ibn Hajar Al-Asqalani: “Asma hidup sampai 100 tahun dan meninggal pada 73 or 74 H.” (Taqribu’l-tehzib, Ibn Hajar Al-Asqalani,p. 654, Arabic, Bab fi’l-nisa’, al-harfu’l-alif, Lucknow). Menurut sebagaian besar ahli sejarah, Asma, Saudara tertua dari Aisyah berselisuh usia 10 tahun. Jika Asma wafat pada usia 100 tahun dia tahun 73 H, Asma seharusnya berusia 27 atau 28 tahun ketika hijrah (622M). Jika Asma berusia 27 atau 28 tahun ketika hijrah (ketika Aisyah berumah tangga), Aisyah seharusnya berusia 17 atau 18 tahun. Jadi, Aisyah, berusia 17 atau 18 tahun ketika hijrah pada taun dimana Aisyah berumah tangga. Berdasarkan Hajar, Ibn Katir, and Abda’l-Rahman ibn abi zanna’d, usia Aisyah ketika beliau berumah tangga dengan Rasulullah adalah 19 atau 20 tahun. Dalam bukti # 3, Ibn Hajar memperkirakan usia Aisyah 12 tahun dan dalam bukti #4 Ibn Hajar mengkontradiksi dirinya sendiri dengan pernyataannya usia Aisyah 17 atau 18 tahun. Jadi mana usia yang benar ? 12 atau 18..? kesimpulan: Ibn Hajar tidak valid dalam periwayatan usia Aisyah.

BUKTI #5: Perang BADAR dan UHUD Sebuah riwayat mengenai partisipasi Aisyah dalam perang Badr dijabarkan dalam hadist Muslim, (Kitabu’l-jihad wa’l-siyar, Bab karahiyati’l-isti`anah fi’l-ghazwi bikafir). Aisyah, ketika menceritakan salah satu moment penting dalam perjalanan selama perang Badar, mengatakan: “ketika kita mencapai Shajarah”. Dari pernyataan ini tampak jelas, Aisyah merupakan anggota perjalanan menuju Badar. Sebuah riwayat mengenai pastisipasi Aisyah dalam Uhud tercatat dalam Bukhari (Kitabu’l-jihad wa’l-siyar, Bab Ghazwi’l-nisa’ wa qitalihinnama`a’lrijal): “Anas mencatat bahwa pada hari Uhud, Orang-orang tidak dapat berdiri dekat Rasulullah. [pada hari itu,] Saya melihat Aisyah dan Umm-i-Sulaim dari jauh, Mereka menyingsingkan sedikit pakaian-nya [untuk mencegah halangan gerak dalam perjalanan tsb].” Lagi-lagi, hal ini menunjukkan bahwa Aisyah ikut berada dalam perang Uhud and Badr. Diriwayatkan oleh Bukhari (Kitabu’l-maghazi, Bab Ghazwati’l-khandaq wa hiya’l-ahza’b): “Ibn `Umar menyatakan bahwa Rasulullah tidak mengijinkan dirinya berpastisispasi dalam Uhud, pada ketika itu, Ibnu Umar berusia 14 tahun. Tetapi ketika perang Khandaq, ketika berusia 15 tahun, Nabi mengijinkan Ibnu Umar ikut dalam perang tsb.” Berdasarkan riwayat diatas, (a) anak-anak berusia dibawah 15 years akan dipulangkan dan tidak diperbolehkan ikut dalam perangm, dan (b) Aisyah ikut dalam perang badar dan Uhud

KESIMPULAN: Aisyah ikut dalam perang Badar dan Uhud jelas mengindikasikan bahwa beliau tidak berusia 9 tahun ketika itu, tetapi minimal berusia 15 tahun. Disamping itu, wanita-wanita yang ikut menemani para pria dalam perang sudah seharusnya berfungsi untuk membantu, bukan untuk menambah beban bagi mereka. Ini merupakan bukti lain dari kontradiksi usia pernikahan Aisyah.

BUKTI #6: Surat al-Qamar (Bulan) Menurut beberapa riwayat, Aisyah dilahirkan pada tahun ke delapan sebelum hijriyah. Tetapi menurut sumber lain dalam Bukhari, Aisyah tercatat mengatakan hal ini: “Saya seorang gadis muda(jariyah dalam bahasa arab)” ketika Surah Al-Qamar diturunkan(Sahih Bukhari, kitabu’l-tafsir, Bab Qaulihi Bal al-sa`atu Maw`iduhum wa’l-sa`atu adha’ wa amarr). Surat 54 dari Quran diturunkan pada tahun ke delapan sebelum hijriyah(The Bounteous Koran, M.M. Khatib, 1985), menunjukkan bahwa surat tsb diturunkan pada tahun 614 M. jika Aisyah memulai berumahtangga dengan Rasulullah pada usia 9 di tahun 623 M or 624 M, Aisyah masih bayi yang baru lahir (sibyah in Arabic) pada saat Surah Al-Qamar diturunkan. Menurut riwayat diatas, secara aktual tampak bahwa Aisyah adalah gadis muda, bukan bayi yang baru lahir ketika pewahyuan Al-Qamar. Jariyah berarti gadis muda yang masih suka bermain (Lane’s Arabic English Lexicon). Jadi, Aisyah, telah menjadi jariyah bukan sibyah (bayi), jadi telah berusia 6-13 tahun pada saat turunnya surah Al-Qamar, dan oleh karean itu sudah pasti berusia 14-21 tahun ketika dinikah Nabi. Kesimpulan: riwayat ini juga mengkontra riwayat pernikahan Aisyah yang berusia 9 tahun.

BUKTI #7: Terminologi bahasa Arab Menurut riwayat dari Ahmad ibn Hanbal, sesudah meninggalnya isteri pertama Rasulullah, Khadijah, Khaulah datang kepada Nabi dan menasehati Nabi untuk menikah lagi, Nabi bertanya kepada nya ttg pilihan yang ada di pikiran Khaulah. Khaulah berkata: “Anda dapat menikahi seorang gadis (bikr) atau seorang wanita yang pernah menikah (thayyib)”. Ketika Nabi bertanya ttg identitas gadis tsb (bikr), Khaulah menyebutkan nama Aisyah. Bagi orang yang paham bahasa Arab akan segera melihat bahwa kata bikr dalam bahasa Arab tidak digunakan untuk gadis belia berusia 9 tahun. Kata yang tepat untuk gadis belia yangmasih suka bermain-main adalah, seperti dinyatakan dimuka, adalah jariyah. Bikr disisi lain, digunakan untuk seorang wanita yang belum menikah serta belum punya pertautan pengalaman dengan pernikahan, sebagaiaman kita pahami dalam bahasa Inggris “virgin”. Oleh karean itu, tampak jelas bahwa gadis belia 9 tahun bukanlah “wanita” (bikr) (Musnad Ahmad ibn Hanbal, Vol. 6, p. .210,Arabic, Dar Ihya al-turath al-`arabi, Beirut).

Kesimpulan: Arti literal dari kata, bikr (gadis), dalam hadist diatas adalah “wanita dewasa yang belum punya pengalaman sexual dalam pernikahan.” Oleh karean itu, Aisyah adalah seorang wanita dewasa pada waktu menikahnya.

BUKTI #8. Text Qur’an Seluruh muslim setuju bahwa Quran adalah buku petunjuk. Jadi, kita perlu mencari petunjuk dari Qur’an untuk membersihkan kabut kebingungan yang diciptakan oleh para periwayat pada periode klasik Islam mengenai usia Aisyah dan pernikahannya. Apakah Quran mengijinkan atau melarang pernikahan dari gadis belia berusia 7 tahun? Tak ada ayat yang secara eksplisit mengijinkan pernikahan seperti itu. Ada sebuah ayat , yang bagaimanapun, yang menuntun muslim dalam mendidik dan memperlakukan anak yatim. Petunjuk Qur’an mengenai perlakuan anak Yatim juga valid doaplikasikan ada anak kita sendiri sendiri. Ayat tsb mengatakan : Dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik. (Qs. 4:5) Dan ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas (pandai memelihara harta), maka serahkanlah kepada mereka harta-hartanya. ?? (Qs. 4:6) Dalam hal seorang anak yang ditingal orang tuanya, Seorang muslim diperintahkan untuk (a) memberi makan mereka, (b) memberi pakaian, (c) mendidik mereka, dan (d) menguji mereka thd kedewasaan “sampai usia menikah” sebelum mempercayakan mereka dalam pengelolaan keuangan. Disini, ayat Qur’an menyatakan ttg butuhnya bukti yang teliti terhadap tingkat kedewasaan intelektual dan fisik melalui hasil test yang objektif sebelum memasuki usia nikah dan untuk mempercayakan pengelolaan harta-harta kepada mereka. Dalam ayat yang sangat jelas diatas, tidak ada seorangpun dari muslim yang bertanggungjawab akan melakukan pengalihan pengelolaan keuangan pada seorang gadis belia berusia 7 tahun. Jika kita tidak bisa mempercayai gadis belia berusia 7 tahun dalam pengelolaan keuangan, Gadis tsb secara tidak memenuhi syarat secara intelektual maupun fisik untuk menikah. Ibn Hambal (Musnad Ahmad ibn Hambal, vol.6, p. 33 and 99) menyatakan bahwa Aisyah yang berusia 9 tahun lebih tertarik untuk bermain dengan mainannya daripada mengambi tugas sebagai isteri. Oleh karean itu sangatlah sulit untuk mempercayai, bahwa AbuBakar,seorang tokoh muslim, akan menunangkan anaknya yang masih belia berusia 7 taun dengan Nabi yang berusia 50 tahun.. Sama sulitnya untuk membayangkan bahwa Nabi menikahi seorang gadis belia berusia 7 tahun. Sebuah tugas penting lain dalam menjaga anak adalah mendidiknya. Marilah kita memunculkan sebuah pertanyaan,” berapa banyak di antara kita yang percaya bahwa kita dapat mendidik anak kita dengan hasil memuaskan sebelum mereka mencapai usia 7 atau 9 tahun?” Jawabannya adalah Nol besar. Logika kita berkata, adalah tidak mungkin tugas mendidik anak kita dengan memuaskan sebelum mereka mencapai usia 7 tahun, lalu bagaimana mana mungkin kita percaya bahwa Aisyah telah dididik secara sempurna pada usia 7 tahun seperti diklaim sebagai usia pernikahannya? AbuBakr merupakan seorang yang jauh lebih bijaksana dari kita semua, Jadi dia akan merasa dalam hatinya bahwa Aisyah masih seorang anak-anak yang belum secara sempurna sebagaimana dinyatakan Qur’an. Abu Bakar tidak akan menikahkan Aisyah kepada seorangpun. Jika sebuah proposal pernikahan dari gadis belia dan belum terdidik secara memuaskan datang kepada Nabi, Beliau akan menolak dengan tegas karean itu menentang hukum-hukum Quran.

Kesimpulan: Pernikahan Aisyah pada usia 7 tahun akan menentang hukum kedewasaan yang dinyatakan Quran. Oleh karean itu, Cerita pernikahan Aisyah gadis belia berusia 7 tahun adalah mitos semata.

BUKTI #9: Ijin dalam pernikahan Seorang wanita harus ditanya dan diminta persetujuan agar pernikahan yang dia lakukan menjadi syah (Mishakat al Masabiah, translation by James Robson, Vol. I, p. 665). Secara Islami, persetujuan yang kredible dari seorang wanita merupakan syarat dasar bagi kesyahan sebuah pernikahan. Dengan mengembangkan kondisi logis ini, persetujuan yang diberikan oleh gadis belum dewasa berusia 7 tahun tidak dapat diautorisasi sebagai validitas sebuah pernikahan. Adalah tidak terbayangkan bahwa AbuBakr, seorang laki-laki yang cerdas, akan berpikir dan mananggapi secara keras ttg persetujuan pernikahan gadis 7 tahun (anaknya sendiri) dengan seorang laki-laki berusia 50 tahun. Serupa dengan ini, Nabi tidak mungkin menerima persetujuan dari seorang gadis yang menurut hadith dari Muslim, masih suka bermain-main dengan bonekanya ketika berumah tangga dengan Rasulullah. kesimpulan: Rasulullah tidak menikahi gadis berusia 7 tahun karena akan tidak memenuhi syarat dasar sebuah pernikahan islami ttg klausa persetujuan dari pihak isteri. Oleh karean itu, hanya ada satu kemungkinan Nabi menikahi Aisyah seorang wanita yang dewasa secara intelektual maupun fisik.

SUMMARY: Tidak ada tradisi Arab untuk menikahkan anak perempuan atau laki-laki yang berusia 9 tahun, Demikian juga tidak ada pernikahan Rasulullah saw dan Aisyah ketika berusia 9 tahun. Orang-orang arab tidak pernha keberatan dengan pernikahan seperti ini, karean ini tak pernah terjadi sebagaimana isi beberapa riwayat. Jelas nyata, riwayat pernikahan Aisyah pada usia 9 tahun oleh Hisham ibn `Urwah tidak bisa dianggap sebagai kebenaran, dan kontradisksi dengan riwayat-riwayat lain. Lebih jauh, tidak ada alasan yang nyata untuk menerima riwayat Hisham ibn `Urwah sebagai kebenaran ketika para pakar lain, termasuk Malik ibn Anas, melihat riwayat Hisham ibn `Urwah selama di Iraq adalah tidak reliable. Pernyataan dari Tabari, Bukhari dan Muslim menunjukkan mereka kontradiksi satu sama lain mengenai usia menikah bagi Aisyah. Lebih jauh, beberapa pakar periwayat mengalami internal kontradiksi dengan riwayat-riwayatnya sendiri. Jadi, riwayat usia Aisyah 9 tahun ketika menikah adalah tidak reliable karean adanya kontradiksi yang nyata pada catatan klasik dari pakar sejarah Islam. Oleh karean itu, tidak ada alasan absolut untuk menerima dan mempercayai usia Aisyah 9 tahun ketika menikah sebagai sebuah kebenaran disebabkan cukup banyak latar belakang untuk menolak riwayat tsb dan lebih layak disebut sebagai mitos semata. Lebih jauh, Qur’an menolak pernikahan gadis dan lelaki yang belum dewasa sebagaimana tidak layak membebankan kepada mereka tanggung jawab-tanggung jawab.

114 Komentar »

  1. zie_vesa berkata,

    hehehehe,,,,,

    good….good, bagus banget artikelnya….

    i like it.

    tapi apakah anggota FFI bisa menrima, merka itu kalu dikasih penjelasan bukannya menerima, tapi mencari-cari kesalahan atas keterangan tersebut.

    ya…. namanya juga hatinya sudah tertutup…. 1001 cara untuk melakukan perlawanan.

  2. zie_vesa berkata,

    wahai… ikhwan dan akhwat semuanya……..

    ayo lawan kaum kafir yang telah melecehkan Islam…

    tapi jangan pake Bom… nanti rusak komputernya…

    heheheh… jayus ya…!!!!

    :p

  3. re berkata,

    bagus..bagus
    dari semalam semalam saya sempat tertegun mambaca situs Faith freedom.
    saya sempat tercengan dengan isi nya,yang menjelek-jelek kan Islam. dan hati saya sempat terbagi dua antara percaya dan tidak percaya,

    tindakan saudara ini sangat tepat dengan membuat situs tandingan Faithfreedom, dengan begini umat islam terutama saya tidak menjadi bimbang..

    thanks…
    broo…

  4. Izzat al-Islam berkata,

    wahai umat Islam, agamamu sudah dihina, tuhanmu dicela, nabimu dicerca, mengapa kamu diam saja. marilah menulis apa yang kita bisa, mari bersama-sama menghadapi dajal durjana.
    aku sudah menulis menghadapi kafir yang gila, inilah blogku: http://izzatalislam.wordpress.com/

  5. pak galak berkata,

    trus, umur’e sing bener piro?????
    bodo, pokok’e beta tetep percoyo karo FAITHFREEDOM!!!!

  6. Azzam al-Fahim berkata,

    Sinting kalo mau percaya ama agam kristian buatan paulus. Doktrinnya palsu, gak masuk akal, kitabnya palsu hingga trus direvisi, bahkn tuhannya pun palsu. Coba jawab pertanyaan saya yang sederhana, Sejak kapan Yesus jadi tuhan. Sejak di kandungan, dewasa, atau ketika mati disalib. Kalo sejak di kandungan, sebelumnya dia di mana n dalam status apa. Calon tuhan? setelah disalib jadi mantan tuhan? berani skali ya malaikat maut ” mencabut nyawa tuhan “. Trinitas tuh dongeng yang hanya dipercayai oleh orang-orang yang otaknya di dengkul. Satu tuhan ada di singgsana, tuhan yang satunya lagi bincang dengan manusia lagi, makan, minum, beol, sakit, dijui setan puasa selama 40 hari, trus ngutuk pohon ara, yang satunya lagi entah di mana. Plis deh, kalo boong jangan kelewatan

  7. dino berkata,

    thank bangat, tulisannya sungguh memuat hujah yang luar biasa. Terus gimana dengan hadist2 yang rawinya dari hisyam ibn ‘urwah tetang usia aisyah ra. mestikah ia di delet saja dari bukhari muslim?

  8. Love Islam berkata,

    pak galak..
    lihat ya jawaban azham….itu benar..agamamu bikin pusing..
    nah untuk mengimbangi orang orientalis bikin (cari-cari) masalah dengan memenggal ayat-ayat atau hadis..ya seperti faith freedom itu..dia ini takut Islam jaya kembali nanti gak bisa negesek sembarangan..homo gak bisa..mabuk gak bisa..judi gak bisa..
    Makanya ada Islam biar dunia gak edan..
    perbudakan hapus karena Islam…harkat wanita diangkat krena ada Islam…
    coba kamu jujur aja ngerti gak kamu dengan agamamu??? jamin gak..kalo gak ngerti jangan sok tahu dengan Islam dalami aja agamamu pasti pusing..
    agama Kristen tidak berfilter..ada porno diam aja..ada perjudian cuek..seperti jalan dilalulintas tapi gak ada rambu-rambunya..itulah keberadaan Islam memberikan pengaturan biar hidup ini jelas dan lebih bermakna

    salam buat yesus ya (kalo masih hidup) he..hee..tuhan kok mati nyleneh kamu

  9. Lux Ferre berkata,

    Saya memperkenalkan diri sebagai Lux Ferre (Demikian bahasa Latin menyebut diri saya) yg telah diturunkan ke Bumi karena ketidak relaan saya terhadap Adam.
    Saya mengucapkan terima kasih atas pembelaan kalian (yang menyebut diri kalian Hamba Allah) karena telah menyelamatkan nama saya dari fitnah yang dilontarkan Ali Sina.
    Segala yg dituliskan oleh Ali Sina semakin membuat orang memaki dan menuduh bahwa blog itu buatan Iblis, Setan. Padahal sama sekali bukan. Tulisan itu adalah buatan MANUSIA bernama Ali Sina. bukan Iblis. sifat setan mungkin iya, karena setan berada pada jiwa manusia, yang membuat manusia lebih jahat dari saya.
    Saya merasa tidak terima dengan tuduhan-tuduhan yang dilontarkan masyarakat tersebut. karena saya adalah Penyembah Allah, lebih dari siapapun.
    Saya bingung, bagaimana saya bisa menyesatkan manusia hingga hari kiamat, sementara manusia sendiri jauh lebih sesat daripada saya sendiri…seperti halnya Ali Sina.

    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih,
    Maha Suci Allah dengan segala firmanNya.

    Lux Ferre

  10. itu lah kelemahan kita islsm kalau berbohong berbelit2 .mungkin karena kita ngga pernah makan babi maka bloon alias bodoh .saya heran kenapa babi itu haram padahal saya pernah coba enak rasanya apa karena takui islam pintar ya. kalau makan ayam tambah bego ap lagi sapi tambah goblokkkkk

  11. ada kah yg bisa jawab pertanyaan saya “saya seorang kaya raya dan berpangkat tapi keluarga aq hancur ,anak istri saya pergi meninggal kan saya karena saya mau kawin lagi padahal saya ngikuti jejak rasul allah swt .kan boleh punya istri lebih dari satu

  12. ustad gaul berkata,

    hai m haris kamu bodoh amat sih .kalau mau kawin ,kawin aja jangan pikir anak istri .itu kan islam tidak melarang ,onani aja di bolehkan sama islam.kalau mau jelas klik hukumnya di.www.islamk idiot hand hunter.com lihat di situs itu &artikel utama .wassallam

  13. Islam the best berkata,

    حعنه شغشة فشه حشمشف يثكشف فقعس ةشنشى فشه ةعاشةشي تشلخ خةحخم ةعسش قشتش غشاعيه غثسعس قشتش شنع .هسمشة هيهخفففففففف ada yang bisa artikan??????? ,nanti ak kasih hadiah.

  14. rUDI yASMIN berkata,

    wah… memang klo dialog antara orang-orang yang memiliki kebencian dan kasih sayang bisa dibedakan.
    disini jelas bisa terlihat klo orang yang dipenuhi rasa benci selalu mencari keburukan orang, sebaik apapun orang itu. tetapi orang yang dipenuhi kasih sayang (welas asih, cinta kasih dsb), pasti akan mencari kebaikan orang.
    ali sina jelas seorang yang mengidap penyakit hati. hatinya penuh kebencian dan rasa takut yang mendalam (phobia) terhadap islam dan orang-orang islam. penyakit psikologis tersebut menyebabkan akalnya diperbudak untuk menyebarkan kebencian.
    sebagai manusia yang maha kecil di jagat kebesaran alam ciptaan sang Maha Tak Hingga. kita hanya bisa berdo’a semoga Ali Sina dan kawan-kawannya disembukan dari penyakit hati mereka.
    amin..
    walaupun tak ada yang dapat merubah hati manusia selain Sang Maha Tak Hingga tersebut (seperti pula pada paman nabi).

  15. ijai berkata,

    he he kalau jelek tetap jelek -itu tanda kehancuran kawan karena pada suatu saat nanti dan sekarang manusia selalu melakukan kejahatan atas nama agama cth teroris2 indo mereka mengatasnamakan agama atas kejahatan mereka padhal ,teroris adalah budak rupiah(di bayar) mereka adalah anak2 setan .kalau betul bela agama kenapa tuhan tidak bela mereka????.masalah nya broo nabi yg minta di doa dan di bela itu nabi BODOH dan pengikutnya sangat BODOH(KUMPULAN MANUSIA DUNGU)

  16. aisyah berkata,

    yg menyesat kan manusia jaman moderen adalah internet situs ini &artikel2 nya

  17. ali sinii berkata,

    SIAP YG BISA JAWAB:mengapa muhamad banyak istri?.jamu apa yg diminum nabi supaya perkasa ?.kenapa nabi selalu minta di doakan ? yakin kah anda muhamad tinggal di sorga? berapa istri muhamad di sorga? &terakhir betul kah abu bakar basir sepupu nabi??? jawab murid pintarrr

  18. ali imron berkata,

    ali sinii simpel saja jawaban ku kami tak bisa jawab karena kami bingung kamiii bodooh

  19. Peringatan berkata,

    Pada tulisanku sebelumnya, aku percaya Hadist 50 % karena sarat tangan2 jahil, kuterima hadist yang tidak bertentangan masalah perkawinan tersebut aku berpatokan dengan Al-Quran, Dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik. (Qs. 4:5) Dan ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas (pandai memelihara harta), maka serahkanlah kepada mereka harta-hartanya. ?? (Qs. 4:6). tidakah Rasulullah menjalankan semua apa yang tertulis dalam Al-Quran, itu yang kuyakini..

  20. fitra berkata,

    Buat kalian yang suka menjelek2kan Islam, tolong beri bukti yang akurat bahwa ajaran agama kalian lebih baik dari Islam.. Jadi saya bs membandingkan mana yang terbaik. Jangan hanya menjelekkan aja tanpa bisa menunjukkan mana yang terbaik. Kalo hanya menjelek2kan aja, anak kecil umur 9 th jg bisa melakukan hal tersebut.

    Klo hanya karena atas dasar ajaran agama kalian mengajarkan CINTA KASIH, dan kemudian kalian dengan pongah nya menjelek2 kan Islam, mungkin pendapat saya ini bisa kalian renungkan..

    __ Cinta Kasih tidak perlu diajarkan karena itu adalah sudah menjadi insting manusia sejak dia dilahirkan . Dokter / bidan tidak perlu mengajarkan cara menangis yg baik buat bayi yg baru lahir. Insting dia, pasti langsung nangis karena dia membutuhkan kasih sayang.. Itu jg salah satu bukti bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan sempurna..

    – Yang harus diajarkan adalah penerapan / penggunaan CINTA KASIH itu dalam kehidupan kita sehari2. Dan itu di jabarkan secara lengkap di dalam ajaran Islam. Bagaimana bersikap sopan santun, bagaimana menjadi pemimpin yg baik, bagaimana menjadi anak / orang tua yg baik.. dll, yang tidak saya temui dlm ajaran lain diluar Islam. Dan ajaran Islam itu yg relevan dan akan dibutuhkan setiap orang selamanya.. Dibandingkan ajaran memberikan pipi kanan, kalo pipi yang kiri ditampar. Masuk akalkah ajaran itu sekarang ?? Sudahkah kalian2 yg merasa lebih baik dari Islam menjalankan ajaran agama kalian itu dengan baik dan benar ?? Sekali lg tolong beri bukti yg kuat bahwa agama kalian lebih baik, daripada bisanya cuma menjelek2 kan Islam..

    Untuk saudara muslim, mhn maaf klo ada kata2 yg salah dan saya blm bisa mencantumkan dalil / Hadis karena saya jg baru belajar Islam.

  21. aisha berkata,

    Bahan diatas adalah terjemahan dari situs yang membela islam dan dibantah baca : http://www.faithfreedom.org/Articles/sina/ayesha_age.htm

  22. kafir suci berkata,

    beda islam/kristen
    kristen;nabinya mendoakan umat nya
    islam:nabi nya minta di doa in.memalukan seorang rasul minta di doakan sama umatnya,

  23. ORLIANS berkata,

    @kafir suci

    Mana ada rasul minta di do’akan….rasul tidak meminta tapi umat muslim lah yang dengan ikhlas mendo’akan karena jasa2nya yang sangat luar biasa….anda bilang begitu dasarnya apa?? mana??

  24. Budi berkata,

    - Sudah ya teman2, adapun kebaikan pula, jika kita tidak mengurusi/menanggapi mereka yg selama ini ternyata dengan keadaan apapun selalu menjelek-jelekkan agama Islam. Teori saya, mereka bukanlah juga seorang Nasrani maupun agama lainnya, walaupun sering mereka kaitkan diri mereka dengan agama Kristen pada awalnya lalu diikuti pula oleh org2 yg tidak memiliki pengetahuan, mereka mudah sekali menyebutkannya dari salah satu pihak dan kenapa pula kita tidak berpikir bahwa mudah pula bagi mereka mengatakan diri mereka dari “Islam” pada proses lain dan dilakukan oleh mereka jg pada aplikasi yg lain. tp yg penting protokol mereka dari aplikasi yang ini mengarah pada pembangunan suatu kondisi/eksistensi untuk saling membenci dalam hubungan manusia melalui agama, padahal sudah banyak yg (telah) terjadi terjadi di dunia ini (segala aspek dalam kehidupan kita) yg tidak kita ketahui atau kesampingkan. Adapun antara umat Islam dan Kristen yg memang memiliki sejarah besar Perang Salib. Dan ini mempermudah jalan mereka.
    Dan satu hal mengenai umat Nasrani, sebagian mereka pun memahami tradisi maupun ajarannya, dan mereka meneruskan serta tetap memegang teguh ajarannya atas apa yg mereka telah ketahui, maka kita pun umat Muslim menghargai hal tersebut, akan tetapi sebagian berpindah kepada “ajaran lain” yg padahal mereka-mereka eksis dlm mempengaruhi semua umat beragama dengan cara dan proses/penerapan yg berbeda, dan jelas Agama Islam tidak “mengganggu” ajaran Nasrani maupun yg lain.

    Saya hanya ingin belajar Islam jauh lebih mendalam dimana saya tidak ada keraguan sedikitpun untuk melanjutkannya. Saya skeptis dan selalu mendapatkan kebenaran dalam ISLAM. Saya pun skeptis dan selalu sedikit demi sedikit mendapat pemahaman sejarah Islam yang baik dan semoga terhindar diluar yg Haq. Saya pun sadar semua (tidak hanya kita umat muslim) itu berproses dari segala macamnya bagi setiap individu. Jikalau saat ini saya dapat dikatakan masih dalam ke-imanan Islam maka saya sangat takut jikalau besok saya adalah musuh yg Haq. Dan jika Allah telah menentukan tidak ada yg tidak mgkin untuk “mereka” kembali kpd yg Haq. Bahkan ampunan thd keburukan mereka atas kehendak-Nya.

    Nanti akan ada saatnya Hitam dan Putih, dmn semua hal atau proses yg ada skr telah berubah, tidak ada lg bantah-membantah, ketidak jelasan, pihak abstain (tengah dan ditengahnya), tidak ada pula yg membahas segala urusan spt saat ini, yang ada hanya kubu munafik dan beriman (setiap penempatan masing2 posisi ini dapat berlaku bagi siapa saja). Maka itu kita yakini masa perang yg berpihak pada yg Haq dan pada yg Bathil dan sangat jelas serta tidak mudah dilaluinya bagi org2 beriman. Akan tetapi tidak perlu pula diragukan bahwa ISLAM yg berarti “Keselamatan; atau Kebaikan; Patuh & Taat; atau Berserah Diri” yaitu pengertian lain dimasa-masa para Nabi terdahulu dan yg benar mengikutinya (shaleh) dan begitu pula pada saat ini memiliki pengertian “Ajaran yg diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW” tidak dapat dikalahkan sampai akhir zaman, ini pun merupakan salah satu dari 2 doa Nabi Muhammad SAW yang dikabulkan Allah, melainkan 1 doa Beliau yg tidak Allah SWT kabulkan agar umat Muslim bersatu.

    Sangatlah halus cikal bakal dari cara pandang dalam menjalani hidup yg dapat membawa diri menuju kerugian. Ini yg diri saya rasakan/alami dan hampir kepada setiap manusia cara pandang ini nyata dalam keseharian, hanya beberapa diantaranya :
    1. Men-judge / tanpa sadar selalunya menilai org lain yg ini bukanlah Haq bagi kita, sekalipun penilaian mengenai wujud kepatuhan seseorang thd Allah terlebih yg hanya sebatas mata memandang. Dan keselamatan serta kebaikan bukanlah hasil dari amalan perbuatannya (usahanya) melainkan Allah yg menentukan. Sedangkan manusia dalam berbuat baik (sesamanya) dan kepatuhan (shalat & Ibadah2 lain yg berhubungan lsg individu dgn pencipta-Nya) adalah fitrah manusia.
    2. Bila Menuhankan atau memberhalakan diri kepada kebutuhan atau pengaruh ukuran yg dibuat manusia seperti halnya Harta kekayaan atau “uang” yg telah menjadi nilai komoditi. Jelas merupakan cara pandang yg “sama” kpd “syirik” atau menduakan Allah. Dan hal-hal lainnya yg terasa kecil akan tetapi hampir disetiap aspek kehidupan.

    Jika hal ini bertumpuk maka mudah keburukan itu disempurnakan oleh Fitnah dimana Allah memberi Haq thd Sang Pembawa Fitnah Besar (Dajjal) melencengkan Aqidah dengan kemampuannya yg membawa Fitnah terbesar yg akan pernah ada pada kehidupan umat manusia dan ujian bagi manusia2 beriman

    Maka dari ini mari kita belajar bersama saya dan anda2 skalian, saling mengenal mulai saat ini, menjadi saudara Muslim yg seharusnya, dan berharap menjadi kekuatan ISLAM dan terbentuk kepedulian saat kabar2 yg kita dengar dapat dipercaya untuk diterima diantara kita dan terhindar dari fitnah dan bahkan “fitnah besar” bila itu memang sudah dizamannya.

  25. jack berkata,

    mari ciptskan agama baru indonesia. aishah itu jelas dinikahi nabi umur 6 th dan katanya ditiduri saat haid pertama umur 9 th, kok skrang anda bilang itu hadist palsu, terima aja kenyataan kok malu….he heh

  26. cherry berkata,

    Azzam al-Fahim,

    kl mau hina agama ku, Tuhan ku, silahkan.. hukumnya lah yang akan nimpa engkau.. tp ingat satu hal, iman, ketakwaan gk usah diributin.. biar lah siapapun yang mendoktrin 1ajaran atopun yang mengkritisi agama mu.. anggap aja dosa mereka..

    gw pun tidak dan sangat mengutuk perbuatan anda, dengan menghina Tuhan, keTritunggalan Allah.. tp gw gk akan melakukannya.. krn Tuhan gw (yg sdh anda hina) sll mengajarkan ttg kasih dan pengampunan..

    tp jika boleh diingatkan, di Alkitab kami, tidak ada 1pun ayat yang membahas nabi kalian, atopun nabi ato orang2 suci di agama kalian.. tp yang saya tau, kl di Alquran kalian dinyatakan, Hakim Adil yang akan muncul di hari akhir adalah Isa Almasih (red. Yesus).. jadi tolong lebih berhati2 dengan sikap iri, dengki, kemunafikan dan kekurang ajaran anda dalam menyikapi, menilai, bertutur kata ttg Tuhan kami.. karena siapapun mereka yang sudah menyangkal Anak, maka Anak akan menyangkal mereka di depan Bapa.. dan saya berdoa semoga Roh Kudus, (Salah satu anggota Tritunggal Allah) yang sdh anda hina, mengampuni, mendamaikan hati anda.. minimal gk bikin anda kocar kacir merasa terhina…

    most point is: urus agama mu sendiri, imanmu.. untuk apa urus agama orang lain apalagi mengkritisi iman orang lain.. sejauh apakan iman dan pendalaman thdp agamamu????????????????????????????????????

    jadi tolong berhenti menghina Tuhan gw.. Dia yang terhina di awal krn perbuatan keji kaum Yahudi, laah yang akan mengajarkan anda dan banyak org di dunia ini untuk kembali ke jalan yang benar..

  27. Lurus berkata,

    Terima kasih saudara Budi atas segala uraiannya yang sangat luar biasa bijaksana serta cerdas (salut)……dan kepada semua umat muslim agar memahami dan mencerna tulisan tersebut agar kita tidak terpancing dalam siasat adu domba sang setan, biarkanlah mereka dgn segala kesesatannya yg nantinya akan berbalik menghantam diri mereka sendiri, lakukanlah segala yang terbaik menurut akal dan fikiran utamanya dalam hubungan kepada sesama makhluk dan hubungan kepada Allah SWT….semoga Allah senantiasa melindungi dan memberkati kita semua, Amin

  28. jalan tengah berkata,

    yakinlah pada agama yg kita anut,, kita berdoa supaya segera kiamat datang dan disitulah kita akan tau agama mana yang sempurna,,

    semoga Allah memberi hidayah pada mereka yang dalam kesesatan dan memberikan keimanan yang kuat bagi kaum Muslim,, aamiin,,

  29. Yang Fakir. berkata,

    Alhamdulillah, begitu banyak komentar2,baik yg pro ato kontra.mungkin sy cuma mau menambahkan sedikit,sesama orang beragama jgn saling menghina!!.islam adalah agama yg indah dan damai sementara kristen adalah agama yg penuh kasih..coba anda renungkan!!!.para Penghujat..!!!.apakah ke DUA agama ini mengajarkan hal yg demikian?ato memang mata telinga dan hati mereka yg sudah mati..? Sehingga ajaran agama yg sangat agung ini hanya cukup di baca saja tanpa makna?..pesan saya.: bila anda orang islam tambahlah ketaqwaan dg memperbanyak Infaq dan Sodaqoh krn masih banyak yg membutuhkan itu daripada hanya berdebat.!!.Dan bagi orang kristen,agama anda yg penuh kasih janganlah di salah gunakan untuk menjebak orang yg sudah beragama untuk pindah agama dengan mengatas namakan Kasih.trims.wassalam

  30. bejansatria@gmail.com berkata,

    dulur2 muslim,
    saya hanya ingin mengingatkan dulur2 tentang sejarah “MARTIR KORDOBA”.. mungkin itulah jawaban semua ini, mengapa yahudi dan nasrani begitu ‘agresif’ menyerang islam.. sejarah dunia selalu berputar.. wallohuallam. faktanya: ketika islam mulai menjadi agama paling pesat perkembangannya di eropa dan amerika (sungguh menyenangkan bisa update datanya tiap bulan).. lihat saja ulah “MARTIR-MARTIR” mereka.. ali sina, pendeta jones, wilders, blog santo bellarminus dll.. karena itu, kepanikan2 mereka belum akan berhenti..dan ulah2 ekstrim masih akan dipertontonkan.. smga umat muslim semakin teguh bersatu membela islam dg makruf..amin

  31. Syah alam berkata,

    Saudara2ku Hamba Allah…didalam Islam Nabi Muhammad SAW tidak meminta untuk dipuja dan di doakan apalagi disembah, karena beliau adalah Hamba yang paling mulia dan dimuliakan, baik disisi Allah SWT sang pencipta, maupun seisi alam semesta,Beliau hanya sebatas menyampaikan. Apa yang beliau sampaikan tentang dirinya atau Risalahnya itu bukan perintahnya, melainkan itu adalah perintah atau perkataan (Firman) Allah SWT, perkara mau diterima atau membangkang beliau tidak bertanggung jawab disisi Allah SWT (Apalagi menanggumg dosa umatnya). untuk itulah saudara2ku Hamba Allah… kita sebagai manusia diciptakan yang paling sempurna dari mahluk2 lainnya, diberikan akal dan nurani untuk dapt membedakan dan berpikir dalm mencari kebenaran yang hakiki…Wssalamualaikum….Wr…Wb…

  32. lele berkata,

    allah telah menutup mata hati mereka yg menyembah patung/orang yg cma pke kolor nyangkut d jemuran

  33. habibie berkata,

    Assalamualaikum wr wb….
    Buat saudara-saudara muslim ku…”katakanlah yang benar walupun hanya satu ayat”…perkara orang-orang kafir mau beriman atau tidak itu bukan urusan kita, yang penting kita sudah menyampaikannya…sy berharap saudara-saudara yang memegang teguh keimanannya untuk menyampaikan kebenaran itu melalui cara yang benar juga sebagai mana nabi Muhammad telah mengajarkannya kepada kita semua…biarlah orang2 kafir berkata kotor.. karena mereka belum tahu antara yang benar dan yang bathil…kalau kita membalasnya, kita tidak ada bedanya dengan mereka…Sy berdoa mudah2an kecintaan anda terhadap Alloh, Nabi Muhhamad dan Islam menjadi Amal Soleh buat Saudara semua..sekali lagi pakailah ahlak dalam menyampaikan pendapat kita…karena Nabi di Utus kedunia salah satunya untuk menyempurnakan ahlak…selamat berjuang Saudara2ku..

  34. iskandar Dzulkarnaen berkata,

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Sebelumnya kita harus selalu berfikir objektif dulu dalam menilai setiap hal,,,,,,Nah,,,menurut saya, walaupun saya sangat tidak setuju dengan premis yang dikeluarkan oleh Faithfreedom , tapi saya juga kurang setuju dengan cara situs ini membantahnya ,,,, kita tidak bisa langsung membantah hadist2 nabi begitu saja,,,kita harus melihat kondisi yang melatar belakangi mengapa nabi muhammad sampai menikahi aisyah yang masih di bawah umur,,,memahami al-quran harus dilakukan dari banyak pendekatan , baik itu dari sastra , tekstual, maupun kontekstual,,,,padahal jika kita melihat itu semua,,maka akan nampaklah bahwa sebenarnya nabi muhammad menikah karena adnya strategi politik yang ada di kalangan bani-bani di arab,,,,,Sebenarnya di arab pada jaman dahulu itu terdapat hukum yang mangikat antar bani yang satu dengan bani yang lain,,,saya disini hanya sekedar menmpilkan sekilas pendapay sya saja,jadi saya tidak akan membahas secara terperinci,,,,,,,,,,thx

  35. Fay berkata,

    namanya juga faitfredoom ya selamanya akan fait (pahit maksudnya). thanks buat yg telah membuat artikel ini smoga smua yg membaca tercerahkan.

  36. Anonymous berkata,

    Hnya di kuran yg mengajarkan peperangan,pmbunuhan ats nama aloh,poligami,pedophil,pemukulan thd istri/prempuan,penjarahan,pesta seks di “surga” nya versi muhamad,dsb..hayolah kawan! Get real!! Apakah itu yg dinamakan ajaran/agama ‘indah’ ?? Kuran itu hny karangan muhamad belaka! Jiplakan dri kitab-injil dgn editan dimana2. Skrg malah jilat ludah sndiri dgn mengatakan ada yg salah dri hadis2 ayat2 ,whatever apa sbutannya ,kuran yg info aisyah dinikahi umur 7 tahun. Hayolah buka mata pikiran hati kalian! Objektiflah! N get real… Salam.

  37. Anonymous berkata,

    Terkesan tdk PD pda nabinya sndiri apkh ybs msk surga atw engga…kok umat doain nabinya?

  38. daripada fitnah Alquran, mending belajar lagi kepada ahlinya yaitu Quraish Shihab,dll. atau lihat ini:

    http://www.facebook.com/notes/iman-cahaya/-adakah-nubuat-rasulullah-muhammad-peace-bless-upon-him-dalam-alkitab-/197178300314232

  39. sangkebenaran berkata,

    Bikr = riddha = perempuan yg belum akil balig = masih anak-anak :)

    Kamu juga sudah membuktikan haditsnya ada. He he he he… Terimakasih, pengakuan yg baik sekali atas kebobrokan babi Muhammad :)

    http://sangkebenaran.blogspot.com/

    Inilah contoh ajaran PEDOFILIA Muhammad:

    Dikisahkan Jabir bin ‘Abdullah: Ketika aku menikah, Rasullah bersabda kepadaku, perempuan macam apa yang kamu nikahi? Aku menjawab, aku menikahi seorang janda muda? Beliau bersabda, Mengapa kamu tidak bernafsu pada para perawan dan memanjakannya? Jabir juga berkisah: Rasullah bersabda, mengapa kamu tidak menikahi seorang perawan muda sehingga kamu dapat memuaskan nafsumu dengannya dan dia denganmu?

    Hadits Bukhari Vol.7, Kitab 62, Pasal 17.

    A’isyah (Allah dibuatnya bahagia) diceritakan bahwa Rasullah (semoga damai sejahtera atas beliau) dinikahi ketika usianya tujuh tahun, dan diambilnya untuk rumahnya sebagai pengantin ketika dia sembilan tahun, dan bonekanya masih bersamanya; dan ketika beliau (Nabi Yang Kudus) mampus usianya delapan belas tahun.

    Kitab Sahih Muslim 8, Pasal 3311.

    Dikisahkan A’isyah: bahwa Nabi menikahinya ketika dia berusia enam tahun dan menikmati pernikahannya ketika berusia sembilan tahun. Hisham berkata: Aku telah menceritakan bahwa A’isyah menghabiskan waktunya dengan Nabi selama sembilan tahun (yaitu hingga kematiannya).

    Bukhari Vol.7, Kitab 62, Pasal 65.

    Muhammad telah bernasu birahi kepada anak berusia enam tahun. Apa yang tersimpan di dalam otak Muhammad? Apa pikiran mesum nabi merupakan perbuatan suci?

  40. anrems berkata,

    sangkebenaran berkata,

    April 20, 2011 pada 3:39 pm
    0
    0

    Rate This

    Bikr = riddha = perempuan yg belum akil balig = masih anak-anak :)

    Kamu juga sudah membuktikan haditsnya ada. He he he he… Terimakasih, pengakuan yg baik sekali atas kebobrokan babi Muhammad :)

    http://sangkebenaran.blogspot.com/

    Inilah contoh ajaran PEDOFILIA Muhammad:

    Dikisahkan Jabir bin ‘Abdullah: Ketika aku menikah, Rasullah bersabda kepadaku, perempuan macam apa yang kamu nikahi? Aku menjawab, aku menikahi seorang janda muda? Beliau bersabda, Mengapa kamu tidak bernafsu pada para perawan dan memanjakannya? Jabir juga berkisah: Rasullah bersabda, mengapa kamu tidak menikahi seorang perawan muda sehingga kamu dapat memuaskan nafsumu dengannya dan dia denganmu?

    Hadits Bukhari Vol.7, Kitab 62, Pasal 17.

    A’isyah (Allah dibuatnya bahagia) diceritakan bahwa Rasullah (semoga damai sejahtera atas beliau) dinikahi ketika usianya tujuh tahun, dan diambilnya untuk rumahnya sebagai pengantin ketika dia sembilan tahun, dan bonekanya masih bersamanya; dan ketika beliau (Nabi Yang Kudus) mampus usianya delapan belas tahun.

    Kitab Sahih Muslim 8, Pasal 3311.

    Dikisahkan A’isyah: bahwa Nabi menikahinya ketika dia berusia enam tahun dan menikmati pernikahannya ketika berusia sembilan tahun. Hisham berkata: Aku telah menceritakan bahwa A’isyah menghabiskan waktunya dengan Nabi selama sembilan tahun (yaitu hingga kematiannya).

    Bukhari Vol.7, Kitab 62, Pasal 65.

    Muhammad telah bernasu birahi kepada anak berusia enam tahun. Apa yang tersimpan di dalam otak Muhammad? Apa pikiran mesum nabi merupakan perbuatan suci?

    ====================================

    HAHAHAH,,,HADITS KOK PAKE VOLUME SEGALA??? HAHAHAH EMANG VCD YA?? HAHAHAH DOMBA DONGOK,,,,,,,,,

  41. benjut berkata,

    Penjelasan panjang lebar hanya untuk menjelaskan bahwa umur A’isyah tidak jelas.

    Tolong jelaskan, apakah penjelasan diatas bisa digunakan untuk membuat kesimpulan definit: “Nabi tidak menikahi anak dibawah umur (berapa pun umurnya) dan bukan pedo bear”?

  42. paijo berkata,

    @sangkebenaran

    pake gugel translet ya kang? hihihi
    baca artikelnya, jangan asal komen. dasar buta

  43. ok deh... berkata,

    alamak.. kajian apalagi nh.. jadi hadits yang dipake Ali Sina tdk sahih katamu??? kapasitas apa yang kamu punya sehingga berani katakan Hadits yang di pakai tdk sahih… salah.. Debat sana di FFI…

  44. ok deh... berkata,

    Sahih Muslim dan Bukhari itu sudah diakui Sahihnya dari kamu belon lahir bro… trus sekarang kamu berani bilang itu melenceng… Tau apa kamu tentang sahih tidaknya Hadits… sontoloyo… Argumen TERI… Sana ngomong di FFI…

  45. ArbeyP berkata,

    Salam kasih sayang,

    Buat saudara/i ku sebangsa/sedunia, yang menjelek-jelekkan Islam:
    1. Apa sih untungnya menjelek-jelekkan agama lain?
    2. Aku “khawatir”, semakin Anda menjelek-jelekkan Islam, maka Anda malah menjadi Muslim, karena:
    a. Hidup Anda setiap hari menjadi tidak tenang, gelisah, karena tindakan Anda itu bertentangan dengan nurani/fitrah Anda. Nurani/fitrah dari Tuhan, tidak mungkin bisa Anda lawan. Jujurlah, nurani Anda saat ini gelisah/tidak? (Pasti gelisah!). Maukah Anda seumur hidup gelisah?
    b. Kegelisahan-kegelisahan seperti di atas, sudah banyak contohnya. Bapa Pendeta Sirait di Jakarta, akhirnya jadi Muslim. Begitu juga Ibu Pendeta Irene, akhirnya menjadi Muslimah. Dll. Di Amerika, Eropa, cap teroris yang distempelkan ke Islam, malah membuat banyak orang yang menjadi Muslim.
    3. Aku sayang kepada Anda(-anda), So? Berhentilah menjelek-jelekkan agama lain. Yang paling aku takutkan nanti, saat kalian meregang nyawa (saat nyawa kalian sedang dicabut dari tubuh), kalian berteriak minta tobat kepada Tuhan. Padahal saat itu terlambat, pintu tobat sudah ditutup bagi kalian. Akhirnya kalian masuk neraka, kekal di dalamnya; menjadi bahan bakar api neraka.
    Jadi, lebih baik bersangka baik kan? Lebih baik masuk sorga kan?

  46. loubatt berkata,

    Allah telah menulis setiap huruf yang mereka ketikkan,setiap nafas yang mereka hembuskan.

    Jika Allah Tuhan Semesta Alam saja sangat menghargai dan mencintai Rasulallah, maka mengapa ada manusia biasa yang berbuat sebaliknya kepada Rasulallah.

    Ya Allah, tambahkan dan peliharalah cinta kami kepada Rasul-Mu.

  47. abahibud berkata,

    sederhana saja … seandainya Yesus mereka masih hidup dan meminta anak gadis mereka yg masih berumur 7 tahun utk dinikahi, apakah mereka tega menolaknya ?

  48. pembela islam berkata,

    aku yakin sebenarnya orang2 kafir ini tidak ada maksud berdiskusi melainkan hanya ingin mencaci-maki islam semata. mereka memenggal2 ayat quran sesuka mereka dan mendebat apa yg tidak mereka ketahui. mata mereka sudah buta dan telinga mereka tuli dari kebenaran. lisan mereka hanya mengucapkan kebohongan dan kebencian. sungguh, seburuk-buruk yang melata di bumi ini adalah orang kafir. dan sungguh org mereka tidak akan ridha sebelum orang islam mengikuti mereka. jadi, melayani mereka = membuang2 energi. kalau mau berdialaog dengan mereka sebaiknya di forum terbuka saja seperti debat antar-agama. di dunia maya orang2 kafir pengecut ini bisanya cuma mencaci maki.

    begitulah para penganut agama kasih sayang, kristen itu. suka menebar kebencian. di indonesia yg mereka minoritas saja pada ngelunjak. kalau mereka mayoritas, ya lihat saja bagaimana nasib muslim di negara-negara kafir seperti di thailand, india, atau negara-negara barat seperti swiss, dimana bangun masjid saja dihalang-halangi.
    kenapa sih orang kristen ini? lupa tampar pipi kanan-kiri?

  49. Anuh berkata,

    Good Job…!
    Bagus Bangeet Artikelnya……

  50. Anonymous berkata,

    bagus artikelnya, tapi tidak sahih analisanya, sehingga bertentangan dengan Hadist yang telah ada.

  51. mahpoed berkata,

    @Anonymous: Udah lah jangan banyak omong klo gak tau Islam,,, mending diam….hihihihiiii…..

  52. kayanya paulus babi freemason zionist berkata,

    @cherry berkata
    1.tp jika boleh diingatkan, di Alkitab kami, tidak ada 1pun ayat yang membahas nabi kalian, atopun nabi ato orang2 suci di agama kalian..
    ==Jawab:didalam kitab perjanjian lama (PL) ditulis dalam bahasa ibrani surat ke-5 yaitu Sulaiman ayat ke-16 “Hickoo Mamittakin Ve Killu MOHAMMADIM Zehbidie Li Zahre’i Baena Jerusalem” , perkataan MOHAMMADIM = Mohammad + IM. Kata IM adalah nisbat jamak, sbg pengucapan ta’dzim (penghormatan).juga terdapat nama “Machmad” di dlm injil lama dlm versi bahasa ibrani,tp tak pernah disebutkan dlm injil versi inggris.MUHAMMADIM dr bahasa ibrani mrk(kristen) diterjemahkan(dgn mengubah) sbg “berbahagia bersama” (kesalahan yg sengaja dibuat dan dilestarikan)
    Di ayat pertama kitab injil Book of Genesis (kitab kejadian) “pada mulanya Tuhan (Allah) menciptakan Langit dan bumi.tidak diterjemahkan (pada mulanya Tuhan-tuhan/Alah-Allah menciptakan langit dan bumi) perkataan Tuhan dalam bahasa ibrani adalah “Elohim” El=Tuhan (bahasa ibrani) “Ellah” “Elohim” jg mendapat serapan “IM” yg berarti jamak untuk pengucapan takdzim (penghormatan),jg pd Alqur’an terjemahannya. Allah sering berfirman mengunakan kata “we”/”Kami” jg maksudnya bentuk penghormatan.tak ada unsur trinitas.konsep trinitas yg
    dikenalkan paulus justru ada pada hindu konsep “Trimurti”. agama nasrani adalah tauhid.menjujung ke Esa an Tuhan yang satu. berbeda dgn agama kristen yg terbentuk di antokia dan di sahkan oleh paulus.paulus dengan angkuh menunjuk dirinya sendiri sebagai rasul Allah..ngaku2.

    2.tp yang saya tau, kl di Alquran kalian dinyatakan, Hakim Adil yang akan muncul di hari akhir adalah Isa Almasih (red. Yesus)..
    ==jawab:pertama>dasar2 utama kitab injil juga merupakan dasar2 utama alqur’an.. bukan menjiplak,tp menyempurnakan.. kenapa disempurnakan? karena Bible sudah mengalami banyak revisi tangan kotor sehingga diragukan keasliannya.
    kedua>begitu pentingnya kedudukan nabi Isa AS.didlm Alqur’an nabi Isa AS disebutkan sebanyak 154 kali dlm 19 surat.lebih banyak dari Nabi Muhammad sendiri.bahkan ada ayat tentang mariam (ibunda jesus).karena Nabi Muhammad hanya penyampai Wahyu yg datang dr Allah, bukan pembuat buku atau pembawa agama baru.Nabi Isa akan Datang di akhir jaman sebagai Hakim.Ia akan membunuh babi dan mematahkan salib2.

    3.karena siapapun mereka yang sudah menyangkal Anak, maka Anak akan menyangkal mereka di depan Bapa..
    ==jawab:matius 23:1 “Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya:”
    jesus berkata matius 23:9 “Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga.”jesus adalah Nabi yg berjalan di atas bumi sesuai pengakuan peter dalam Kisah Para Rasul 2:22 “Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu”
    jesus berkata dlm yohanes 14:28 “Bapakku lebih Besar dari pada aku”,
    pada yohanes 10:29 “Bapakku lebih Besar dari segalanya”, yohanes 4:30 “Aku tidak dapat berbuat apa2 atas diriku sendiri” itulah ungkapan seorang Nabi Isa atas kerendahan dan ketidak berdayaannya tanpa Allah sang Bapa. jesus bukan bapa.(Tuhan) . sekte kristen JEHOVA WIThNESS lbh jujur dengan mengakui Jesus sbg nabi.

    4.most point is: urus agama mu sendiri, imanmu.. untuk apa urus agama orang lain apalagi mengkritisi iman orang lain
    ==jawab: untukmu agamamu dan untukku agamaku.Dari awal kami muslimin ga suka memaksakan non muslim untuk percaya keyakinan kami.. tapi malah sebaliknya ..kalian para pengikut paulus tarsus yang memulai curang memurtadkan kaum muslimin yang iman lemah saat lapar..

    5.jadi tolong berhenti menghina Tuhan gw.. Dia yang terhina di awal krn perbuatan keji kaum Yahudi,..
    ==jawab: nama situsnya kan http://antifaithfreedom.wordpress.com .. kenapa ada yg buat.. untuk membungkam anjing2 di FFI yang asal jeplak tentang nabi besar kami Muhammad dan ke Esaan Tuhan Kami ALLAH..anda liat aja kurang ajarnya FFi bikin postingan…mrk ga butuh pembenaran.. karena mereka dibayar buat mengacaukan.. banyak yang percaya ali sina bukan kristen tp atheis,untuk memecah belah agama.tp apapun misinya..ali sina ga
    ada bedanya dgn paulus.takut kebenaran terungkap. ALLAHHUAKBAR.. (jgn salah yah,kata2 “ALLAHHUAKBAR” bukan
    buat membunuh) kl kalian berfikir spt itu.. berarti kalian kena tipu media yg selalu memojokan islam dengan memfitnah jihad dengan teror, sehingga jika ada yg jihad akan di Cap “Teroris” ingat!! ada akibat karena ada sebab.sebab yg selalu ditutupi dr media.liat di youtube/web lain, 9/11 kerjaan masonik alias bush cs,bukan dr
    mujahidin.

    @iskandar Dzulkarnaen berkata,Assalamualaikum Wr. Wb ..kita tidak bisa langsung membantah hadist2 nabi begitu saja,,,kita harus melihat kondisi yang melatar belakangi mengapa nabi muhammad sampai menikahi aisyah yang masih di bawah umur,,,baca lg deh postingan diatas..ada sebabnya kan.. hadis sahih sekalipun kl bertentangan dengan Alqur’an maka menjadi tidak sah.. perawi jg kan manusia, ada kekeliruan.. tp bukan berarti seluruh hadist (contoh :bukhari) cacat.. hanya yg bertentangan dengan Alqur’an saja.saya mendukung orang yg mampu untuk berpoligami asal sesuai dgn apa yg di ajarkan rasul.bukan nafsu belaka atau dgn konsep kawin kontrak.tp saya pribadi memilih 1 istri saja.kl saya punya rezeki lebih.mending buat membantu masa depan seseorang dr pada harus nikahinya.dan menikahi gadis dibawah umur tidak dicontohkan dlm Alqur’an.

    @benjut berkata,Penjelasan panjang lebar hanya untuk menjelaskan bahwa umur A’isyah tidak jelas.
    ==jawab:baca lg postingannya nyong..cerita pernikahan gadis berumur 7 tahun dengan Nabi berumur 50 tahun adalah mitos semata.Umur Aisyah telah dicatat secara salah dalam literatur hadist. kami muslimin terbiasa mengkaji sesuatu tidak dari satu sumber.harus ada sumber pembanding yang sesuai dengan Alqur’an. jadi riwayat **Aisyah menikah usia 6 tahun oleh Ibn Hajar,Tabari,Ibn Hisham,dan Ibn Humbal terbukti tidak benar karena
    saling bertentangan satu sama lain.**tabari sendiri mengalami kontradiksi dlm periwayatannya.
    **(al-Bukhari) oleh Ubaid ibn Ismail yang mendengar daripada Abu Usamah daripada Hisyam daripada ayahnya (yang bernama Urwah) yang berkata: Khadijah meninggal dunia tiga tahun sebelum Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Madinah dan baginda kemudiannya menduda selama dua tahun atau mendekati dua tahun sebelum hijrah (ke Madinah)
    setelah itu Siti Aishah menikah (dengan Nabi) pada umur enam tahun dan tinggal serumah (dengan Nabi Muhammad)
    tatkala berumur sembilan tahun.
    Hadis td adalah satu-satunya hadis yang dianggap paling kuat mengenai umur Siti Aishah ketika bernikah dengan Rasulullah s.a.w, yaitu enam tahun.
    Namun hadis inilah yang kesahihannya dipertanyakan sehingga kita harus merujuk pada bahan pembanding lain yang sesuai dengan Alqur’an.**aisyah ikut perang Badar.siapapun yg ikut perang Badar dan Uhud minimal harus berusia 15 tahun.**Aisyah adalah gadis muda, bukan bayi yang baru lahir ketika pewahyuan Al-Qamar.umur **aisya 12 atau 18..?… dr semuanya umur yang diriwayatkan saling bertentangan.. tp yang pasti dr semuanya hadist yg masuk mendekati.. aisya adalah perempuan muda yang sudah cukup umur dan sesuai dengan Alqur’an dalam surat An-nisa (wanita) 4:5-6 yang sudah diterjemahkan diatas

    @ok deh… berkata,Sahih Muslim dan Bukhari itu sudah diakui Sahihnya dari kamu belon lahir bro… trus sekarang kamu berani bilang itu melenceng… Tau apa kamu tentang sahih tidaknya Hadits… sontoloyo… Argumen TERI… Sana ngomong di FFI…
    ==Jawab:siapa yg bilang hadist bukharimuslim melenceng? lo punya buku bukhari muslim berapa jilid?…tau ngga bentuknya?dan pernah baca? hadist bukharimuslim memang sudah terkenal kesahihannya.kami muslimin menjunjung tinggi kesahihannya.dlm hal ini yg dianggap tidak sah atau seengganya di pertanyakan adalah hadist tentang periwatan umur aisyah dr bukhari..perawinya tidak salah dan hadist2 lain dari bukhari juga tidak salah..KECUALI hadist tentang umur aisyah ini..MASIH diperdebatkan.karena diyakini ada kepentingan hadist ini untuk dimanfaatkan pihak tertentu.. *CATATAn=sesahih apapun hadist JIKA tidak sesuai dengan Alqur’an berati TIDAK SAH.perawi adalah manusia,bukan Allah.manusia bs salah..dan Allah yg menentukan hukum benar dan salah..
    satu lg,hampir semua bahan BANTAHAN yg di posting FFI
    mereka buat sendiri,(salah satunya si RUDI mantan atheis kah..?)seperti situs yg mengatas namakan islam..Padahal isinya menyesatkan.. dan bahan2 video syiah.spt parade berdarah menggunakan senjata tajam.atau pria2 dewasa menggandeng gadis dibawah umur (syiah sendiri bukan islam) walaupun atribut nya mirip islam.(tanah gurun pasir emang pakainnya begitu rata2)

    @kafir suci berkata,……. memalukan seorang rasul minta di doakan sama umatnya,. dah dijawab tuh.. saya mau nambahin ,kami muslimin punya etika dan sopan santun lebih dari kalian kaum kafir yg lbh rendah dr binatang.
    sama seperti kita menghargai orang tua yg sudah membesarkan kita.walaupun kewajiban mereka dlm mengurus kita tp sbg anak kita wajib menghormatinya..kami berterimaksih atas kejujuran Nabi Muhammad sbg penyampai wahyu dan kami memdoakannya, walaupun Allah sudah menjamin surga untuk Nabi muhammad.

    @Anonymous berkata,Hnya di kuran yg mengajarkan peperangan,pmbunuhan ats nama aloh,poligami, pedophil, pemukulan thd istri/prempuan,penjarahan,pesta seks di “surga” nya versi muhamad,dsb..hayolah kawan! Get real!!
    ==Jawab: tuh semua ajaran Paulus tarsus,harusnya lo ngomong ke orang kristen.. baca bible lo lagi nyong.. ente ngomong dari pantat… ga sopan ah..pake celana yg bener..hehe.. lo kira bs menghasut dgn bantahan begitu… cari cara laen deh..:-p

    @pembela islam berkata,….di dunia maya orang2 kafir pengecut ini bisanya cuma mencaci maki.
    ==jawab:kaum kafirun ga punya otak,susah mikirnya kl debat terbuka.lagian mrk tuh dibayar cm buat ngacauin aja.bukan bener cari kebenaran yg hakiki.inilah ciri2 murid paulus.

    @sangkebenaran berkata,Bikr = riddha = perempuan yg belum akil balig = masih anak-anak :)
    Kamu juga sudah membuktikan haditsnya ada. He he he he… Terimakasih, pengakuan yg baik sekali atas kebobrokan babi Muhammad
    ==Jawab: ga baca postingan yah.. bego dipeliara..makan aja terus tuh babi biar tambah idiot..kata bikr dalam bahasa Arab tidak digunakan untuk gadis belia berusia 6 tahun.
    @sangkebenaran berkata,Inilah contoh ajaran PEDOFILIA Muhammad:Dikisahkan Jabir bin ‘Abdullah: Ketika aku menikah, Rasullah bersabda kepadaku, perempuan macam apa yang kamu nikahi?…..
    ==jawab:itu hadist bahasa belanda? ko beda? tau konteksnya ga kl isinya ky begitu? ky yg ga mau repot cm copy paste trus ditinggal gtu aja bantahan..

  53. david berkata,

    kayanya paulus babi freemason zionist…… sip…. top markotop…. ALLOHU AKBAR……

  54. Dewi Wahyuni berkata,

    pada suatu hari nabi pergi b’perang
    nabi mengundi istri yang mana akan di bawa oleh nabi
    dan ternyata aisyah lah
    dan ketika perang aisyah ingin buang air
    pergilah ia jauh dari peperangan tanpa sepengetahuan pengawal
    sebelum aisyah kembali
    rombongan nabi sudah berangkat pulang
    lalu aisyah tertinggal di sana
    ada pengawal yang di utus nabi untuk yang paling belakang
    bertemu lah mereka
    lalu mereka pulang bersama
    terjadilah fitnah
    nabi tidak percaya kpd aisyah
    lalu aisyah pulang ke rumah ayah.a
    sampai akhirnya nabi mendapatkan wahyu
    yang membuat tubuh nabi gemetar
    di jemputnya lah kembali aisyah.

  55. Bunga berkata,

    wah..muter-muter gak karuan, klo umur saja bisa dimitoskan, ..wah jgn-jgn banyak mitos????…hari gini masih percaya mitos??..Sebenarnya berapa sih umurnya aisyah?? klo memang tidak 9 thn kenapa tetap dicatat selama sekian abad?? harusnya ketika pencatatan/ penulisan kembali dipikir dong..jgn sekarang melogikanya..telat broooo… atau memang bener 9 thn ..btw di Kitab alquran memang rentang waktunya gak jelas…penyusunan kitabnya juga gak jelas….yah namanya juga mitos heheheh

  56. iqbal berkata,

    terima kasih sudah membagi ilmu. saya izin kopi dan simpan untuk referensi. ternyata sudah lama hal ini dibahas. para pemurtad itu gak kekurangan dana dan tenaga untuk menyesatkan para muslim. sebuah perbuatan sia-sia di saat-saat semua orang perlu bergandeng tangan, bekerja sama, memahami diri sendiri dan orang lain, agar semua kehidupan di bumi selamat.

    buat para nasrani yang benci dan takut pada Islam, lebih baik periksa agamamu sendiri.

    TAPI KALAU ANDA SAYANG IMAN ANDA, SAYA SANGAT TIDAK MENYARANKAN ANDA UNTUK MEMBACA THE CHOICE, KARANGAN AHMED DEEDAT.

  57. Bunga berkata,

    @ Iqbal :
    Wah kok memojokan Nasrani sih Ente Bal…emang knp dengan Nasrani, saya liat org Nasrani lebih santun..baca di Alquranmu … so salah besar kalau Ente menyalahkan atau memojokan Nasrani…Nasrani di Indo itu minoritas sama seperti umat yang lain…saya heran deh kenapa umat yang lain bisa berdamai dengan Nasrani sedangkan agama Ente susah sekali ya …( so instropeksi diri, pasti ada yang salah tuh)
    Ahmad deedat sdh stroke..hanya menunggu ajal saja, lagian karangan dia sdh dihajar habis oleh para ahli, bukan saja dari kaum religi tapi juga dari kaum humanist yang lebih menyakitkan karangan dia juga dibantai habis oleh kaum atheis….so buat apa baca karangan dia hehehe ( namanya juga karangan…ngarang terus..)

  58. iqbal berkata,

    @Bunga

    Saya punya banyak teman nasrani yang tidak termasuk golongan yang saya maksud. Saya harap demikian pada anda. Dan saya juga punya banyak teman muslim yang bukan golongan yang menyalahartikan agamanya atau mencela orang-orang non-muslim yang baik.

    Pesan saya jelas, entah anda yang salah tangkap. Seseorang yang bermain di air keruh, dia akan keciprat lumpur. So, it’s up to you my bro.

  59. iqbal berkata,

    dan lagi @Bunga

    Ahmed Deedat sudah almarhum, bukan menunggu ajal. Jika anda ingin tahu tentang dia, barusan saya lihat sekilas di:

    http://en.wikipedia.org/wiki/Ahmed_Deedat

    Ahmed Deedat bukannya tanpa kritik. Kalau anda tidak mau membaca karyanya, ya itu pilihan anda, apapun pertimbangan anda :)

  60. paulus babi freemason zionist @kayanya berkata,

    @bunga (antek FFI) :wah..muter-muter gak karuan, klo umur saja bisa dimitoskan, ..wah jgn-jgn banyak mitos???
    ++Jawab:muter2 gtu? emang kl mengkaji mesti dr beberapa sumber, emang cm orang yg berotak aja sih yg nangkep..namanya jg mitos.ga jelas.

    @bunga (antek FFI) :klo memang tidak 9 thn kenapa tetap dicatat selama sekian abad?? harusnya ketika pencatatan/ penulisan kembali dipikir dong
    ++jawab:itu hadist yg tidak sah atau pada bible dikenal kitab apokripa.dr awal memang sudah tidak sah,kenapa tercatat selama puluhan abad? memang kami tidak pernah menghapus sejarah.tp di beri penjelasan tentang hadist tsb turunnya dan perawi nya (yg buatnya). kl di kristen kan langsung membunuh semua saksi2 pendeta dan membakar kitab (di anggap apokripa) yg beda dengan pikiran paulus.

    @bunga (antek FFI):Wah kok memojokan Nasrani sih Ente bal(iqbal)… emang knp dengan Nasrani, saya liat org Nasrani lebih santun..baca di Alquranmu … so salah besar kalau Ente menyalahkan atau memojokan Nasrani…

    ++jawab:santun? setiap nasrani harus menjalankan misi kekristenannya, karena itu adalah kewajiban.kl di Islam sama spt yg wajib shalat dan sedekah.
    pada bible mathius pasal 10 ayat16:Lihat, Aku mengutus kamu seperti
    domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu CERDIK SEPERTI ULAR dan TULUS SEPERTI MERPATI.
    mrk (penginjil) harus terlihat santun sebagai umpannya,seperti mengingatkan kaum muslimin shalat,memberi beras murah atau
    khitanan masal gratis yg ujung2nya mengeluarkan muslimin dr akidah alias murtad. sedangkan mrk (penginjil) tdk tau akan nasib nya di akherat nanti.krn mrk di bayar atas misi tsb.

    ++gaji pendeta tergantung jemaat yg dipimpinnya,kl dirata2kan setiap KK gaji 1juta tinggal dikalikan dengan jumlah jemaatnya. hukumnya jelas spt pd maleakhi 3 ayat 10:
    “Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.”
    Gaji pendeta dr jemaat belum termasuk insentive dari Stuttgart jerman,kalau katolik menerima insentive dari roma,sedangkan pantekosta menerima insentive dari belanda.
    dari fakta ini didapat bahwa sesama pendeta2 ini tidak pernah akur atau cocok,karena masing mempertahankan omset dari jemaatnya dan terus mengembangkan jemaatnya dengan mengkafirkan kaum muslim.

    @bunga (antek FFI):Ahmad deedat sdh stroke..hanya menunggu ajal saja, lagian karangan dia sdh dihajar habis oleh para ahli, bukan saja dari kaum religi tapi juga dari kaum humanist yang lebih menyakitkan karangan dia juga dibantai habis oleh kaum atheis

    ++spt yg saudara iqbal bilang A,deedat dah almarhum. dan selama hidupnya ga ada yg bisa menyanggah debat ilmiahnya termasuk POPE “Paus”,
    Deedat pernah menantang Pope buat duduk bareng berdikusi tentang kebusukan propaganda paulus yg telah merusak nasrani tapi sang “Pope” tdk mnunjukan batang hidungnya,sampai2 Deeadat menulis pd surat kabar “POPE HIDE AND SEEK” paus lari dan sembunyi.. kabar ini menggemparkan dunia kristen yg membuat Deedat orang paling di benci misionaris kristen.dan kenyataannya POPE tidak pernah mau berdebat dengan Deedat selama ia hidup.
    Tokoh lain Anis sorros yg pernah membuat al Qur’an PALSU (AL Furqon) yg tidak pernah menang berdebat hanya bekoar saat sepeninggalan Deedat,silahkan liat semua video rekamannya anis vs Deedat semua versinya.. banyak bertebaran gratis di google. Tokoh keras Jimmy Swaggart terbongkar dua minggu setelah debat di BATON ROUGE universitas Lousiana dgn Deedat ternyata berakhir dipenjara setelah tertangkap di sebuah tempat pelacuran.berita ini jg sempat menggemparkan.ini terbukti bahwa misionaris hanya menjalankan misinya sesuai perintah paulus tanpa perlu mempertanyakan akan dibawa kemana iman mereka.

    @Dewi Wahyuni (siapapun):pada suatu hari nabi pergi b’perang
    nabi mengundi istri yang mana akan di bawa oleh nabi
    dan ternyata aisyah lah

    ++jawab: tolong sertakan referensinya,buktikan kl itu sejarah bukan dongeng semata.anda tidak menyanggah postingan ataupun menyanggah bantahan.jawaban anda hanya penambahan,gpp tp terdengar ngambang,buat siapa?mau diarahin kemana tokoh aisyah? biar yg baca pada tau tolong sertakan ref nya atau sengganga langsung buat kesimpulan biar ceritanya ga diambil setengah2.

  61. Rider X13 berkata,

    BACALAH!! baca dan pahamilah isi kitab suci kalian dengan sebenar benarnya, jgn melihat dari sudut pandang bahwa anda pemeluk agamanya. Tetapi BACALAH dan PAHAMI artinya dengan sudut pandang netral/manusia bebas agar anda dapat mengerti arti dari isi dan makna kitab suci kalian. Beranikah kalian memBACA kedua kitab suci tersebut (QURAN dan BIBLE)? Beranikah kalian membandingkan isinya?? Beranikah kalian melihat dari sudut pandang NETRAL?? Bandingkan urutan-urutan ayat Kitab suci kalian yang sudah kalian baca semuanya (QURAN dan BIBLE), manakah yang penyusunannya semerawut/tidak teratur dan manakah yang teratur?? BACALAH dan PAHAMI isi kedua kitab suci tersebut dengan hati dan pikiran yang jujur, dan berserah kepada TUHAN. Tidak perlu kita berdebat tentang siapa yang benar dan siapa yang salah, sebab kebenaran hanyalah milik TUHAN dan manusia adalah salah di hadapan TUHAN. Bacalah kedua kitab suci itu dengan berdasarkan BAHASA yang kalian kuasai, entah itu Inggris, Jepan, Cina, Arab, Melayu dll. Karena kita di Indonesia saya sarankan BACALAH dalam versi bahasa INDONESIAnya dan ingat berusahalah MEMBACA dan MEMAHAMINYA sebagai orang yang bebas tanpa ikatan dengan agama tersebut / NETRAL. Itu saja saran saya. Dendam hanya menghasilkan dendam, benci hanya menghasilkan benci, hujat hanya menghasilkan hujatan lainnya, Kapan akan selesai??
    Masih banyak yang ingin saya katakan disini,tetapi saya kita untuk sekarang cukup sekian saja. SALAM.

  62. Rider X13 berkata,

    to Iqbal

    Sudah tau gimana akhirnya nasib si deedat??

  63. drinz berkata,

    sudahlah…kalian disini semua berdebat tentang agama mana yang benar…….

    TUHAN itu SATU…dan cara untuk mencapai TUHAN itu BUKAN cuma SATU…..

    kalau memang islam agama yang benar apa hal yang di timbulkan oleh FPI dan yang lain….kalu kristen itu benar mengapa isa di tuhankan…….

    semua agama itu tetap mengajarakan apa yang di sebut dengan KEBAIKAN gak ada yang mengajarakan kejahatan…..

    sebenarnya kalau di pikir2 mending jadi penerus paham kejawen aja….lebih ke warisan budaya asli negara ini …..
    atau jadi atheis karena semua agama memang abu2…..

    kalian sadar telah di jajah oleh paham yang bernama agama????

    agama itu adalah urusan pribadi dan tuhanya……

    hormatilah orang beragama ……jangan saling menghina dan membenarkan agama sendiri…..kalau memang ada yang perlu di koreksi ya di koreksi lagi……

    kalau saya mau berkomentar tentang agama
    maka islam itu agama yang mungkin di pelintir oleh orang arab itu sendiri……karena apa mau maunya orang islam naik haji pake bayar duit jutaan rupiah……buat ibadah….apalagi ibadah kok di kuota….yang ibadah ya silakan ibadah….eh malah di bisnisin……

    kalau kristen dengan segala doktrin dari paulus……

    nah kalo kayak gini gimana coba…..mending renungin diri sendiri aja sebelum kalian menghina agama lain atau kepercayaan lain……

    BELUM TENTU JUGA KALIAN YANG MEMBELA AGAMA DENGAN MENCACI AGAMA LAIN ITU BENAR!!!!!!!!!!!!!!
    buat apa kalau dengan adanya agama malah menjadi perpecahan……

    shalom alaichem(ibrani)
    assalamualaikum(arab)

  64. paulus babi freemason zionist @kayanya berkata,

    @Rider X13 :BACALAH!! baca dan pahamilah isi kitab suci kalian dengan sebenar benarnya, jgn melihat dari sudut pandang bahwa anda pemeluk agamanya. Tetapi BACALAH dan PAHAMI artinya dengan sudut pandang netral

    ++jawab:itulah yg kami lakukan,kami mengkaji sesuatunya ga asal2an harus dengan netral dan bahan pembanding seperti yg sudah diposting di atas.kenyataannya banyak bantahan yg ga dimengerti kalian (umat kristen)yg memang tidak terbiasa berfikir keras untuk mengkaji karena sudah terbiasa dgn bible yang membingungkan.
    dari pengkajia tema di atas adalah tentang pernikahan Rasul dengan umur aisyah sejak umur 9 th adalah mitos belaka.tema ini selalu diangkat kembali dng hinaan dr agama anda. saat mereka sadar mereka salah,langsung mengeluarkan jurus andalan atas naman “cinta kasih” semua agama sama, baik,harus toleransi.. tp akidah kami
    ga bs di toleransi. karena hanya satu agama yg benar.. agama yg baik/cinta kasih blm tentu benar/membawa keselamatan..

    @Rider x13:Beranikah kalian memBACA kedua kitab suci tersebut (QURAN dan BIBLE)? Beranikah kalian membandingkan isinya?

    ++jawab:dalam alqur’an, alkitab dan torah ada persamaan hukum yang di angkat. di karenakan sang pembawa pesan kembali menyampaikan apa yg sudah diajarkan sebelumnya, seperti kata Jesus sendiri.
    Mathius 5:17 Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

    mathius 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

    Mathius 5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki
    tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

    dengan tegas jesus menyatan siapa yg menjaga hukum taurad,tempatnya adalah surga begitupun sebaliknya.jesus
    menyampaikan apa yg nabi sebelumnya sampaikan Musa a.s dan kami muslimin menjalankan hukum taurat, seperti bersunat,yang perempuan bertudung,ber Haji (menghadap bait Allah) bersyahadat dan banyak lg.. kami muslimin juga menjalankan perintah Allah dari nabi Musa a.s
    Jesus dan menjauhi larangan iblis/paulus.

    sejak nabi Musa ajarannya adalah berserah diri untuk keselamatan begitu juga dengan ajaran yang di bawa jesus dan Muhammad.. satu kata yg mewakili berserah diri dalam bahasa arab adalah ISLAM. kl jaman Nabi Isa disebut kaum nasara/khawariyun/dari kelompok THE WAY (jalan yg lurus) dll.

    @Rider X13 :to Iqbal> Sudah tau gimana akhirnya nasib si deedat??

    ++jawab: anda sudah tau?.. apakah anda Tuhan.. A.Deedat sudah almarhum.. anda tau nasib lawan2 debat A.Deedat..?

    @drinz:sudahlah…kalian disini semua berdebat tentang agama mana yang benar…….

    ++jawab:disini lg bahas tema pernikahan umur aisya dgn Rasul 9th adalah mitos belaka… adapun bantahan yg menghina emang sengaja kalian buat untuk mengaburkan bahasan,sehingga yg ada caci dan maki..

    @drinz:semua agama itu tetap mengajarakan apa yang di sebut dengan KEBAIKAN gak ada yang mengajarakan kejahatan…..

    ++jawab:spt yg dah dibilang semua agama mengajarkan segala yg baik cinta kasih dan toleransi, tp hanya satu agama yg benar mengajarkan keselamatan.

    @drinz:sebenarnya kalau di pikir2 mending jadi penerus paham kejawen aja….lebih ke warisan budaya asli negara ini atau jadi atheis karena semua agama memang abu2…

    ++jawab:zionis sudah masuk ketimur sejak kita blm lahir..lihat dr jejaknya.. freemason.illuminati,baphomet.. kejawen syarat dgn kepercayaan mistik orang2 bodoh..siapa yg bilang..? saya pribadi.karena isinya menyesesatkan.contoh kepercayan lain misalkan seseorang yg mau membangun rumah.ia harus menyelamatkan
    bangunan tsb dengan kepala kambing/sapi(simbol pemujaan baphomet) atau ayam hitam. semuanya pilihan anda.. surga hanya untuk orang2 yg mau berfikir.

    @drinz :kalian sadar telah di jajah oleh paham yang bernama agama, agama itu adalah urusan pribadi dan Tuhannya

    ++jawab:agama adalah milik kelompok yg menganutnya, tidak bs diartikan sendiri2.. kl masalah ke imanan itu baru urusan pribadi dengan Tuhannya.. disini kita belajar berdikusi yg sehat dan ilmiah.kita harus saling menggali ilmu untuk mencapai kebenaran yg hakiki.

    @drinz :buat apa kalau dengan adanya agama malah menjadi perpecahan
    ++jawab:siapa yg ingin perpecahan..? yahudi (yg mengkambing hitamkan dan sbg tameng membuat zionist)yg membuat propaganda ini sejak awalnya melalui perang salib, pembantaian pendeta,pemusnahan kitab suci yg di anggap apokripa, kabbala, satanic, rock n roll, sex n drugs, bisex, penghapusan sistem keluarga,makanan beracun,efek rumah kaca,ufo, revolusi perancis,nazi,tragedi gedung WTC..dll.

    Kalian (kristen dan yahudi) sudah terlalu lama dibiarkan mengkafirkan dgn berbagai cara umat muslim, saatnya kami yang mengambil tugas kalian.. Bersiaplah atas goncangan besar2an dari iman kalian.saat nya perang pemahaman, pikiran dan penyaringan propaganda.

    -Satu Indonesia

  65. Anonymous berkata,

    Sori kami bersholawat atas Nabi kami bukan berarti kami mendo’akan mereka tapi itu adalah ucapan salut. dan memang diperintahkan kepada kami “Sholuu ala Nabi”.
    Dalam Islam nabi itu sudah di Ma’sum sehingga dia dijamin masuk sorga.

    Lantas kenapa Yesus mengorbankan dirinya demi menebus dosa umatnya? cape deh…..

  66. manusia awam berkata,

    Kenapa klo belajar bnyk tentang alquran, makin lama makin merinding, makin menyeramkan. Dan makin tahu, bahwa yg “bermasalah” bukan umat islamnya, tapi yg “bermasalah” adalah kitabnya.
    Mau diapain jg umatnya, tetep gk ada gunanya. Mereka gk akan jd baik, krn sekali lg bukan mereka yg salah, bukan jg para ulamanya yg salah

  67. laladudu berkata,

    bubar2…….ada kamtib….

  68. King RODERIC berkata,

    kalo ada orang kristen tanya ama sya,akankah sya nikahkan anak saya umur 7 ato 9 tahun dengan laki usia 50 tahun. saya akan dengan yakin dan tegas mengatakan ya, kalo laki laki itu Nabi Muhammad, kita tau siapa siti Aisyah, dia adalah putri Abu bakar yang cintanya pada rasul melebihi isi dunia, semua harta yang dimilikinya diserahkan untuk islam. lha kalo laki2 itu Si ali sina ato pastur yang suka melechkan suster seperti sebagian belahan dunia jangankan 50 thun, 17tahun pun saya haramkan, kalian kristen suka sewot, wong siti Aisyah enjoy aja malah berbangga, kita jangan liat umurnya tapi bobot bibit bebetnya, lagian wahai kalian orang tua kristen,saya mau tanya kalo anak kalian dilamar ama konglomerat kaya tua ato gembel ganteng,muda,miskin dan jahat kaya ali sina, mana kalian pilih mana, pasti dong malu2 jawabnya pilih konglemerat, ketauan munafiknya, ato. tapi orang tua kristen tetap unggul, karena rela serahkan anak2 dibawah umur kepada pastur suci tuk di tiduri hingga tidak pernah ada yang keberatan ato sampe pengadilan lagi lagi kristen sewot kalo ada islam bersalawat ( ucapan terimakasih) bukan doa seperti yang dikatakan si kristen dengki kaya pastur nya, kalian sebenarnya iri sosok manusia seperti Rasulullah si sebut namanya Milliyaran kali setiap hari oleh umatnya di seluruh dunia, beda ama kristen yang katanya yesus mendoakan umatnya,e e umatnya kurang ajar doakan dia sekali seminggu, lebih lebih doakan di paus ogah kali umatnya.tuk ali sina siapa yang percaya kalo anda mau kasih 50000 dollar tuk orang yang bisa membantah argument anda, sementara kami tidak tau wajah dan alamat sipahlawan pembela kebenaran , itupun katanya, itu sama aja penipu hadiah lewat sms. oh kristen, kalian umat yang hebat, kalian kecam nabi karna nikahi Siti aisyah pada usia 9 tahun, tapi orang tua kristen rela ato biarkan anak2 ratusan dibawah umur ditiduri pastur hampir diseluruh dunia.tapi wajar itu karna kalian cinta pastur bukan nabi muhammad, bagi sya itu adil, dan mulia,itu artinya perzinahan lebih mulia dari pernikahan, hingga tidak perlu nikah seperti dibarat yang nota benenya penganutnya orang2 suci pengikut paus, akhirnya, saya makin percaya Akan wahyu yang disampaikan nabi, bahwa orang2 kafir tak kan pernah berhenti yuk memadamkan cahaya ALLAH, tapi ALLAH akan buka cahaya itu seterang2nya, selamat pada kristen, kau sadar akidah yang dibawa MUhammad tak mampu kalau kalahkan,sekarang kau buat propaganda.

  69. King RODERIC berkata,

    ayat ayat perang banyak dalam alquran, katanya di injil ngak ada, jangan2 perang dunia 1 dan 2 itu umatnya muhammad, ato bom atom hirosima itu umatnya muhammad, ato pembunuhan holocous itu siapa ya? ato infasi irak hingga jutaan orang mati itu bisa jadi umatnya muhammad ato genosida di bosnia itu umatnya muhammad kali,
    (ini percakapan di pedalaman hutan yang tidak ada buku,sekolah tv,internet Dll) tpi nenek2 juga tau pelaku diatas adalah orang yang menganut kristen kasih sayang,icu katanya, jika ditampar pipi kiri,kasi pipi kanan, jika pastur perkosa anak2, kasi janda,eh salah kasi perawan lain. injil memang benar jika bisa tidak nikah itu lebih baik, pastur memang benar,dia taat dan tidak nikah, cuman kawin aja,ku tak bisa kelain hati tuk yesus aja, ku hanya pindah ke lain body salahkah aku.

  70. ramijo berkata,

    kalau kaum muslimin/ah yg berkomentar di atas sudah membaca faith freedom dgn Lengkap, objektif dan teliti, pasti tak ada yg berkomentar miring tentang ali sina atau situs tsb. Tapi sayangnya jarang yg sanggup menyimak dgn benar bila keyakinannya dikritik. ltu memang manusiawi. Tapi dgn punya keyakinan/motivasi bahwa kekekalan/akhirat itu jauh lebih penting dari yg fana, marilah kita membacanya dgn lengkap dan objektif. Saya yakin banyak kebenaran akan kita dpt di situs itu.

  71. code name 'fascho' berkata,

    di suatu tempat, markas besar freemason

    ali sina berkata: bos, tugas untuk memecah belah islam sukses dilaksanakan. tinggal hanya menunggu datangnya the avatar ( dajjal )

    sam : mmmm…. kerja yang bagus. trus buat infidel2 itu lemah agamanya

  72. Ramadhan berkata,

    ilokan be c d e f g

  73. Public Library berkata,

    Bagi muslim yang intens di dunia pustaka berbasis bahawa Arab silahkan datangi blog saya, agar dapat mengetahui Islam secara luas dan tidak mudah termakan issue-issue murahan yang ada di internet. Terimakasih.. :-)

  74. hamzah berkata,

    itu hanya itung itungan anda untuk membela diri, mencari cari cara, alasan supaya seolah aisyah menikah di usia 15, apakah ada ayat yang menerangkan itu ?
    kalau hadits mu banyak memberi mitos atau hal tidak benar,
    kenapa hadits masih dipakai oleh islam , atau jadi mana hadits yang benar.sudah ada contoh2 orang menjadi pedophil karena mengikuti muhammad.
    jadi bagaimana islam bertanggung jawab untuk menghilangkan keyakinan itu ( tentang mengawini anak kecil) apakah umat muslim akan mengambil tindakan untuk mengecam atau menyalahkan orang pedophil itu ? tidak kan ? malah justru membelanya.

  75. love for God Allah SWT,Nabi Muhammad SAW, Isa .as and other Nabi in Quran, not for Yesus and Roh Kudus berkata,

    jika konsep Trinitas memang nyata, pastinya kita sudah tidak ada sekarang, kenapa? karena Para Tuhan dalam Trinitas pada perang, jadi bumi pastinya ikut hancur karena Tuhan pada perang

  76. love for God Allah SWT,Nabi Muhammad SAW, Isa .as and other Nabi in Quran, not for Yesus and Roh Kudus berkata,

    jika konsep Trinitas memang nyata pastinya bumi bahkn alam semesta sudah hancur dri dulu, karena para Tuhan pada perang untuk memperebutkan kekuasaan di alam semesta

  77. pecinta sex bebas berkata,

    hoaaammmmm..laper n ngantuk..

  78. noah berkata,

    asalammu,alaikum wr wb

    alhamdulillah
    Yang Maha Kuasa telah menunjukan senyata nyatanya mana yang haq mana yang bathil

    “aku bersaksi tiada tuhan selain alloh dan aku bersaksi bahwa muhammad utusan allloh”

    tau ga orang mabuk ? orang mabok biasanya bahasanya melantur tak karuan itulah yang terjadi dengan ali sina dia memandang islam sambil mabuk makanya ffi organasasi memabukan alias menyesatkan ,,pengecut pula hanya satu jawaban “lakum dinukum waliyadin”

    aku berlindung kepada alloh dari kebodohan dan ketidak tahuan dan aku berlingdung kepada alloh dari godaan syetan yang terkutuk
    wassalam

  79. islamjewel berkata,

    tidak apa2 toh, menikah umur 7 atau berapapun… sebagian aliran bilang memang benar umur 7, sebagian lagi bilang bukan umur 7. nanti kalo kita udah mati, baru tahu, yg sebenarnya.. setuju kan…?

  80. umi jida berkata,

    adu domba antar agama…..yang termakan adu domba pasti melahirkan amarah amarah tak berarah hingga bisa ke perang saudara…wake up..ilmu kebenaran adalah ilmu ilmiah juga, so my friends kita selesaikan perselisihan dengan ilmiah dan objektif pula..dan itu tugas kita bersama…generasi platinum..

  81. yuliawanprakoso berkata,

    FFI itu sekumpulan manusia dengki dan iri……

  82. Biki berkata,

    umat mana yang bisa berbesar hati ketika Nabinya di kritik , apalagi dikatakan berprilaku negatif .Nabi harus sempurna , kalau tidak pastilah ditinggal umatnya .Yang susahnya semua penjelasan kan baru katanya , dari riwayat ini …dari riwayat itu .dan kejadiannya sudah ribuan tahun telah lewat . Jadi bisa ya demikian dan juga bisa tidak. Tinggal lihat sekarang , apa ajaran itu membawa damai atau tidak ? Kawin dengan istri banyak bisa bahagia atau tidak . Kalau ada yg berpendapat ya , wah betapa berbohongnya manusia itu !

  83. Amir berkata,

    apapun penjelasannya pasti akan ada penjelasan lain untuk membantah . Apapun teori yang diuraikan untuk membela Muhammad , pasti juga ada teori lain yang mengkritisi prilaku negatif Muhammad .Tapi yang tak terbantahkan adalah perlakuan orang – orang Arab terhadak TKI kita disana .Sama sekali tidak mencerminkan penghormatan thd kaum perempuan .Padahal agama mereka katanya ayat -ayatnya sangat menghormati perempuan .Jadi kontradiksi antara teori dg kenyataan .

  84. Retno berkata,

    setiap hadis yang mengungkapkan prilaku Muhammad yg negatif , sudah pasti akan dinyatakan bahwa hadist iti tidak sahih . tidak dapat dipercaya kebenarannya . Tetapi apakah hadis – hadis lain yg memuji -muji prilaku positif Muhammad juga dapat dibantah bahwa hadis itu juga sulit dibuktikan kebenarannya .
    ?

  85. bebe berkata,

    Terimakasih penjelasannyam

  86. bebe berkata,

    Sy byk membaca debat ttg islam dan non islam. 2 hal yg akan mereka usung adalah:
    1. Perang. Mereka menggambarkan Nabi dg sosok yg…na’u dzubillah
    2. Wanita. Mereka memperolok Nabi yg beristri lbh dr 1.

    Mohon apabila penulis mempunyai sumber yg relevan ttg perang yg dilakukan Nabi, untuk menuliskannya. Inshaallah bermanfaat bg smuamya.

  87. Danie berkata,

    kebanyakan riwayat menuliskan aisyah dinikahi oleh rosul saat berumur 9th. Tp ingat orang2 yg hidup di iklim panas kecendrungan wanita2nya lebih subur. maka umur 9th sudah haid itu wajar. lagian bila pernikahan aisyah dan rosulluloh tdk wajar pasti orang musrik pada saat itu yg sangat membenci rosul sudah menghina habis2an tapi mereka tidak pernah mengkritik rosul ttng masalah ini.

    Siti mariam saat melahirkan nabi isa/yesus aja berumur 12tahun tapi tak ada satupun orang yang kaget akan kelahirannya justru orang kaget karna nabi isa lahir tanpa seorang ayah.bila perempuan umur 12th melahirkan dikurangi dengan masa mengandung hasilnya ga beda jauh sama aisyah menikah umur 9th.

    bagaiman bisa orang2 jaman sekarang mau mengkritik kejadian 1.400tahun yang lalu padahal mereka tidak tahu keadaan sosial pada masa itu.

  88. Wiro Sableng berkata,

    kristen ama yahudi dan kaum kafir sudah ada ,tapi kenapa tidak ada yg bisa mengalahkan nabi muhammad,pendeta2pun tak ada yg bisa mengalahkannya,malah mendukung beliau,klo org 2 skr mendebat atau melecehkan karena memang mrk buta karena tidak tau

  89. Hesti berkata,

    Intinya Kebenaran Pasti akan menang, dari pada berdebat ttg agama mending kita brantas korupsi, kemiskinan, perbudakan, ketidak adilan di negri ini mari bersatu dan berjuang bersama (yg ga mau dah biari aja, ga ush didengerin)

    btw sekalian aja brantas jg org2 yg ga bertanggung jawab n’ ga tau di untung (Antek FFI, JIL, Freemason, Iluminati, bla–bla–bla) xixixix ada waktunya dink

    Jgn Tkut sama SETAN (wujud jin & manusia) takutlah kpd Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Menguasai, mereka (Antek FFI, JIL, Freemason, Iluminati, bla–bla–bla) adl cobaan bagi kita umat beragama (Nasrani & Islam) harus super duper sabar, Ok Bro & Sist semangat

  90. tom berkata,

    Kalau kita memcermati Situs FFI, kita bisa bersykur karna pasti akan membuat kita belajar tentu sebagai manusia yang dewasa, Jangan tertarik dengan coment yang mencaci maki dll. Tapi informasi yang berguna tentu bisa membangunkan kita. Kalau penulis blog ini sudah menunjukkan itu, Sudah berusaha untuk mencari informasi yang bisa dia yakini. Dan tentu masih banyak lagi hal-ha lain yang membutuhkan penjelasan. Kalau misalnya ada kritik walau pun itu pedas ga masalah, sejauh itu tidak benar namun kita mencari tahu yang benar itu seperti apa sih?, kalau saran saya kembalilah kepada sumber dari segala sumber kebenaran dan berdoalah. Minta petunjuk Tuhan yang maha kuasa pencipta langit dan bumi (Tuhan-Nya Ibrahim, Isak dan Yakub, yang setahu saya adalah Tuhan yang di yakini oleh Kristen, Islam dan Juga Agama Yahudi). Tentu sebagai yang merendahkan diri di hadapan-Nya pasti akan di tolong memberi pencerahan itu serta jangan mengeraskan hati juga. Maaf iya, saya bukan menggurui lho…

  91. islamforever berkata,

    agama lain tak berhak menghina islam seenakx klo g mau agama x dihina juga..
    Hal itu yg bikin banyak perang antar agama dan sesama manusia..
    Adax bom bunuh diri dan sbgx bukanlah salah islam melainkan oknum yg mengatasnamakan islam dgn pemahaman jihad yang salah..
    Sebenarx yang kita perangi d hari akhir bukanlah nasrani dll melainkan agama yg menyembah setan dajal..
    Karena mereka yg menyesatkan..

    Mengenai forum faith freedom bukanlah forum yg pantas untuk diikuti karena hanya menyampaikan pemikiran tentang islam secara sepihak dan mengajak org islam untuk murtad.. Dan mengajak yang lain untuk membenci islam tampa tau apa2..
    Ini yg juga menimbulkan perang..
    Dimana Ali sina tak pernah muncul hanya ingin hancurkan islam dan memecah belah hubungan antar umat agama di dunia..
    Apa anda yakin agama ali sina jg nasrani..

    Mari bersatu dan berdamai karena kita sudah masuk dalam permainan setan..
    Ini mgkin salahsatu tanda..

    Bagi agama lain jgn lah menghina islam urusilah agama kalian sendiri selama kita d arah yang benar kita tetap bersatu d indonesia..

    Kita saling menghargai saja..
    Jgn terprovokatif ma ali sina yg g jelas..
    Yang ingin nunjukin wajah islam tp dy g nunjukin wajahx
    jgn klaim islam teroris itu cm oknum.. Trimz
    Salam damai bgi semuax..

  92. Anonymous berkata,

    numpang liwat…………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!:)

  93. TsGaBecus berkata,

    muslim tolol…kalo nabi mu kawin ama bini anak angkat sendiri boleh ya???? apa kata dunia!!!!!

  94. Todo berkata,

    daga fuang loja nai hamu mambahas

  95. tarutung berkata,

    aisyah adalah putrinya sahabat nabi yg bernama abu bakar, abubakar adalah salah seorang sahabat nabi yg paling kaya dan terkenal, kl Muhammad bukan nabi tentunya abubakar tdk akn merelakan putrinya yg perawan kawin dg nabi. Apapun yg ditulis oleh penulis yg punya blog ini merupakan pandangannnya kebenaran hanya dr Allah Swt, masalh 9th istri nabi wajar2 aja toh dimasa itu di arab memang banyakan kawin gantung dan hidup berumah tangga umur segitu, ditapanuli dikampung ku nenek ku kawin umur 11 th ngk ada problem buktinya ayah ku lbh sukses dari aku. bukti lain aisyah kan wanita cerdas plg banyak meriwayatkan hadis. jd secr fisik atau pskologis aisyah kan normal2 aja kok, kok kalian pd ngeributin?

  96. tarutung berkata,

    alisina cocok disebutkan dia dajjal ud waktunya tb. sy kira tdk ada yg sulit untuk dipatahkan argumen alisina jk umat islam menjawab dg argumen Quran dan tafsir.

  97. LOVE INDONESIA berkata,

    kelihatan bngt comment orang2 penuh dgn kebencian & kebodohan. si A jelekin agama B, Begitupula si B jelekin agama A. mau nabi pny istri bnyk lah, yesus tuhan atau tidaklah bkn urusan loe pada. urusin aja agama loe masing2. dgn agama sendiri aja loe loem becus ngurusnya mau sok ngurusin dan mengkaji agama orang.

  98. Annuit coeptis berkata,

    Wah ini sejarah, sebenarnya ga’ bidang saya, hmm mo cuap-cuap bodo ah…

    Muhammad adalah seorang nabi yg diutus tuhan dan dipercayakan padanya qur’an. Wajib baginya mengatakan dan menjalankan sesuai perintah tuhan.

    Tentang wanita, ada dua hal yg musti mereka lalui tu’ menjadi layak menerima pinangan laki-laki. Pertama: proses raga, kematangan raga dilihat dari menstruasi, jd biologis tubuh wanita telah berfungsi sempurna jika telah melewati fase ini. Trus yg kedua: jiwa atau mental hmm bisa juga dinamai pola pikir. Nah bagian yg ini barometernya ditentuin oleh para amirul mukminim dgn mengacu kepada ahli-ahli kejiwaan seperti psikolog. Intinya, si cewek udah ngerti benar akan hak dan kewajiban sebagai istri. Tu dinegara kita berumur 16 tahun, bisa dibawah itu apabila ada putusan pengadilan (dispensasi perkawinan).
    Catatan: dinegara kita, dispensasi ini hanya dipergunakan oleh mereka yg hamil dini atau orang tua dr perempuan terlilit utang maupun tergiur kekayaan si menantu.
    Yg dilakukan secara benar tanpa motif diatas, saya yakin tdk ada, karena tidak ada yg dewasa pikirannya pada usia 16 thn. 16 thn pun layak dipertanyakan?, apa metodenya?

    Trus yg terbaru pake sertifikat kusatin (kursus calon pengantin) agar paham hak dan kewajiban suami isteri dlm membentuk keluarga sakinah mawaddah warahmah.

    Intinya, kematangan dilihat dr jiwa dan raga, bukan raga saja alias menstruasi doang. Sementara jika ditanya kewajiban isteri apa? Ga’ tau……

    Qs. 4-6, mengisaratkan adanya ujian bagi wanita agar dianggap mampu atau cakap.
    Apa nabi yg wahyukan qur’an ga’ ngelakuin ke calon isterinya? Atau apa nabi ga’ punya metode tu menguji kecakapan wanita dan pria diumur berapa mereka mapan dan mampu dlm hal interaksi di masyarakat dan hukum?

    Ga’ ada gurantee (garansi) terhadap sesuatu kisah/sejarah selain qur’an.
    Terpenting, berapa pun usia pernikahan mempelai wanita nabi, pasti telah melalui uji kelayakan sesuai qs. 4-6.

    Annuit coeptis novus.ordo_seclorum@rocketmail.com

  99. srombuh berkata,

    Kalo begitu berangus aja,hadis yg ada di bukhori muslim ttg usia aisah 7 atau 9 tahun itu.emang kurang ajar bukhori muslim itu.masak manusia rahmatallilalamin pedofelia.

  100. agoeng berkata,

    Ali Sina(Faith Freedom): Misi menguak wajah Islam yang sesungguhnya
    Orang 1 : Menguak wajah sendiri (Ali Sina) aja ga bisa
    Orang 2 : Aneh….Ga punya wajah (Ali Sina) mau lihat wajah orang
    Orang 3 : Sadar ga orang tu (Ali Sina) dia tu siapa ?
    Orang 4 : Orang gila (Ali Sina) diikuti !
    Orang 5 : Bodo siapalah ?

  101. budi berkata,

    Adakah dalam kitab suci agama apapun yang melarang menikahi gadis berumur 6 tahun?
    sepengetahuan saya hanya hukum negara bikinan manusia yang melarangnya.

  102. Bird berkata,

    miris baca kisah “nabi” muhamad menikahi dan menggagahi aisha di usia 9 tahun. bener2 biadab…….

    ga penting ali sina wajahnya seperti apa. yg penting kitabmu itu mengajarkan hal tidak senonoh dan lebih parahnya mengakui sebagai agama yg sempurna.

  103. alfakir berkata,

    Orang2 Kristen, mereka hanya mencari pembenaran, bukan kebenaran. Jadi walaupun diberikan banyak hadist yg kontradiksi dengan hadist Aisyah ketika berumur 9 tahun ketika menikah dengan Nabi Saw…mereka gak akan mau terima. Pokoknya mereka benci dengan Nabi Saw….jadi yg diambil adalah hadist yg paling mudah mereka serang…meskipun hadist tsb berlawanan dengan bukti2 hadist yg lainnya….. Ini kalau mau baca umur Aisyah yg benar ketika menikah dengan Nabi Saw : http://kanzunqalam.wordpress.com/2010/06/15/siti-aisyah-ra-menikah-di-usia-19-tahun/

    Orang2 Kristen merasa jijik dengan pernikahan seorang laki-laki dengan gadis usia 9 tahun ….namun mereka tidak merasa jijik dengan perilaku orang2 Kristen di USA yg membekali anak2 mereka di usia 9 -12 tahun dengan kondom ketika anak2 mereka diundang party…. Kita harusnya mampu berpikir secara obyektif…di Indonesia anak2 usia 9 tahun bertubuh kecil2 dan pikiran mereka masih sangat kanak2….namun di belahan negara2 lain, anak usia 9 tahun banyak yg tubuhnya seperti remaja di atas 15 tahun dan di Amerika anak2 umur 9 tahun sudah banyak yg menyerahkan kegadisannya kepada pacar2 mereka….dan ini tidaklah dianggap menjijikan oleh orang2 Kristen di sana….bahkan dianggap biasa saja… Jadi ada apa dengan orang2 Kristen ini…..kenapa mereka menjadi munafik sekali???

  104. alfakir berkata,

    Bagaimana dengan temuan sejarah yang mengatakan Maria menikah dengan Joseph ketika Joseph berumur 70 tahun, sedangkan Maria masih anak2 ketika melahirkan Jesus….ada yg mengatakan 10 tahun, ada yg mengatakan 11 tahun, ada yang mengatakan 12 hingga 14 tahun. Apakah kaum Kristen akan memilih umur 10 tahun untuk Maria ketika beliau melahirkan Jesus???? Bukankah kaum Kristen lebih memilih umur 9 tahun untuk umur Aishah ketika menikahi nabi Muhammad Saw padahal banyak sekali hadist2 yg menyebutkan umur Aishah lebih dari 13 tahun, 15 tahun, hingga 19 tahun ketika menikahi nabi Muhammad Saw. Saya hanya ingin tahu cara berpikir kaum Kristen ini jika kasus yg sama dihadapkan kepada mereka….. Tokh ternyata ada riwayat2 dimana Maria melahirkan dan menikah dengan Joseph ketika umur Maria masih di bawah umur dan Joseph berumur lanjut usia (70 tahun) ketika menikahi Maria……

  105. omdoang berkata,

    seperti tak ada kerjaan nabi muhammad kawini aisah umur 9 th diributin, kenapa freesex tenang2 saja. siap yang melakukan apa orang2 Islam atau orang2 kristen bercermin dululah harusnya baru ngomong. yang bersangkutan akur2 saja malah diributin,apa pastor itu tak kawin yang benarlah atau yang jadi pastor potong dulu jantannya? bisa buktiin atau yang jadi pastor orang2 banci bagaimana biarawatinya sebel dan menyebelkan.kristen tak bisa dipercaya bukti buk irene buka kedoknya kristen sadarlah

  106. @brengoz berkata,

    sudahlah…..dasar semua cuma bohong belaka, jadi biar di sumpel dgn seribu macam referensi….ya akhirnya bingung juga kan !!! kalian sudah mulai kehilangan akal buat cari pembenaran nabi horny yang kalian muliakan itu. Akui saja kalau yang kalian sembah itu seorang pedofil bejad. Kok gak ada malunya ya ??? orang bejad di ikuti

  107. inarahayu berkata,

    masa Alquran salah tulis masalah aisyah 9 thn dikawiani nabi muhamad yg berumur 53 thn, yg benar aja Alquran itu katanya kitab sucinya dari Allah ko salah tulis..

  108. Beton berkata,

    Hallo BRENGOZ,
    Baca tuh artikel dari sdr Alfakir, kok masih NGOTOT terus saja menghina Nabi Muhammad, lenih PEDOPHIL mana antara Muhammad dengan YUSUF the Carpenter yg berumur 70 tahun ketika menikah dengan ibunya tuhan Yesus yg bernama MARIA yg ketiika itu baru berumur 12 tahun ?????
    .
    TING …. TONG !

  109. Anonymous berkata,

    banyak muslim tdk mengerti ajaran kristen begitu juga nabi anda ,misalnya allah menurunkan torat pada musa,zabur pada daud ,injil pada isa,ini pasti salah Yahwe menurunkan 10 perintah Tuhan ,kitab mazmur karangan raja daud,injil artinya kabar baik menceritakan tentang Tuhan Yesus kristus sebagai juru selamat Dunia anda katakan bahwa semua sudah dipalsukan lalu untuk tujuan apa,islam belum ada waktu itu ,quran buku yang sangat tipis berisi cerita yang tdk teratur mana bisa mengatakan alkitab palsu sangat tebal berisi 66 kitab,kalau kitab terdahulu palsu tunjukan kitab yang aslinya tunjukan mana palsunya ,semua murid tuhan yesus mati demi iman mereka adakah orang mau mati demi kebohongan baca jaran Injil kalau da yang bisa menandinginya tunjukan dalam hal apapun itu yang penting baca dulu baru komentar,jangan menghina Tuhan Yesus lihat Ahmad Deedat bagaimana akhirnya ia bungkam karena stroke tdk bisa bicara lagi

  110. Budi berkata,

    Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh..
    AlhamdulillahiRabbilalamin..
    Sekali lagi, mari bersatu saudara2 muslim-ku, dan saling belajar, berupaya melindungi aqidah dan pemahaman kita, agar selalu dikarunia rahmat dari Allah SWT. Sudah hampir 3 tahun saya melihat kembali situs ini, dan begitu gembira akan pemahaman kita semua, sehingga berharap lebih dalam lagi energi dan pandangan kita terbentuknya sahabat muslim disekitar kita. Saya ingin sekali belajar kepada teman-teman muslim, ilmu dan pemantapan sejarah, dimana Islam adalah (kebaikan) rahmatanlilalamin, semua makhluk baik yg dicabut dan yg berjalan didunia menuju ridha-Nya merasakan sampai habis masa. Tak lepas dari siapapun melihat dengan nyata atas Yang Maha Sempurna kehendaki.
    Salam kenal kepada muslim saudaraku..
    http://antifaithfreedom.wordpress.com/2010/02/16/umur-aisyah-yang-sebenarnya-saat-menikah-dengan-rasulullah/#comment-496

  111. Anonymous berkata,

    1.ISLAM=RAHMAT BAGI SEKALIAN ALAM
    2.Sumber hukum = Hadist Asli, Hadist Palsu
    3.Puasa, Zakat, Sholat= tidak ditangkap polisi
    4.Ada org tua kawin dengan santrinya= ditangkap polisi lalu masuk sel, ditipu pengacaranya.
    5.Kesimpulan : Syech Puji kena virus Hadist Palsu
    Ha….Ha..Ha

  112. Apa ya berkata,

    lucu ya orang2 kristen, mencela membabi buta, tanpa sadar bahwa kitab mereka itu tidak jelas asal usulnya, injil menurut matius, injil menurut king james, menurut apalah, tapi belum sekalipun kutemukan injil menurut Isa/Yesus? sebelum mencela agama lain, teliti dulu agama kalian sendiri.

  113. Tuhan itu lebih dari yang manusia bayangkan berkata,

    Aku juga bingung kok ada yang menuhankan Nabi Isa/Yesus? trus apa bedanya dengan Nabi Adam? Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Tuhan tanpa ayah dan Ibu. apakah adam disebut juga Tuhan? tentu TIDAK. Selain Tuhan, lainya adalah ciptaan, inilah yang dimaksud Dia yang diawal dan diakhir, Tuhan =pencipta, selain itu adalah ciptaan alias makhluk Tuhan, manusia baru lahir kemarin uda koar2 nyebut ada anak tuhan, sombong banget sih lu, berawal dari tanah aja sok2an, harusnya kalian nyadar beda Tuhan dan ciptaan sebesar apa, kalian aja cuma sebuah debu kecil di dalam debu, karena bumi dibanding galaksi adalah sebuah debu tidak lebih.

  114. Anonymous berkata,

    Di sebuah taman kecil pinggir desa tampak dua orang sedang duduk di bangku. mereka yang seorang adalah pastur, dan yang seorang lagi adalah kyai.ketika itu pastur mengamati sahabatnya itu dengan seksama,raut wajahnya tidak seperti biasa,murung sekali.
    Mulailah terjadi percakapan antara keduanya;
    Pastur : wajahmu kelihatan sedih?
    Kyai : ……….
    Pastur : engkau ada masalah ya?
    Kyai : engkau tahu ketiga anakku?
    Pastur : ya…?
    Kyai : yang dua dari mereka beragama islam
    Pastur : trus?
    Kyai : tetapi yang menyedihkan hatiku adalah yang paling
    bungsu,karena beragama lain…..bagaimana bisa coba????/
    Pastur : begitu dirisaukan,….. Tuhan punya satu-satunya anak dan
    beragama kristen saja nggak masalah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: